Home > Gaya Hidup

Kamu Perlu Tahu, Mitos-Mitos Soal Kolesterol

WHO memperkirakan kadar kolesterol bertanggung jawab atas 2,6 juta kematian setiap tahun.

Mitos-Mitos Soal Kolesterol

Ilustrasi kadar kolesterol. Kamu Perlu Tahu, Mitos-Mitos Soal Kolesterol. Foto: Republika.co.id
Ilustrasi kadar kolesterol. Kamu Perlu Tahu, Mitos-Mitos Soal Kolesterol. Foto: Republika.co.id

2. Orang kurus tidak bisa punya kadar kolesterol tinggi

“Keseimbangan kolesterol sebenarnya adalah fungsi dari apa yang kita makan, tetapi juga genetik. Misalnya, seseorang dapat dilahirkan dengan kecenderungan genetik untuk tidak memproses kolesterol secara efisien,” kata Greenfield.

Berat badan lebih merupakan fungsi dari metabolisme bawaan Anda dan keseimbangan antara kalori yang dikonsumsi dan kalori yang dikeluarkan. “Bahkan jika kamu memiliki berat badan yang sehat, kolesterol kamu bisa jadi tidak normal. Faktor lain yang mempengaruhi kolesterol adalah makanan, kebiasaan olahraga, merokok, dan berapa banyak alkohol yang kamu minum," kata ahli jantung dan wakil presiden Medis di K Health Edo Paz.

.

Orang yang memiliki berat badan yang sehat mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi, sementara beberapa orang yang kelebihan berat badan mungkin tidak memiliki kolesterol tinggi. Kadar kolesterol dipengaruhi oleh genetik, fungsi tiroid, obat-obatan, olahraga, tidur, dan pola makan. Ada juga faktor yang tidak dapat diubah, seperti usia dan genetika.

BACA JUGA: 10 Kebiasaan Kecil yang Bisa Meningkatkan Kesehatan Mental

× Image