Home > Gaya Hidup

Manfaat Rebung, Bisa Menurunkan Kolesterol dan Risiko Kanker Usus

Berikut cara menghilangkan bau amis rebung dan resep rebung tumis pedas.
Pedagang menjajakan sayur rebung atau tunas bambu muda di kedainya di jalur Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Pedagang menjajakan sayur rebung atau tunas bambu muda di kedainya di jalur Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang

MAGENTA -- Rebung adalah tunas tanaman bambu yang muncul di bagian pangkal rumpun bambu. Dalam bahasa Inggris rebung dikenal dengan sebutan bamboo shoot. Rebung berbentuk kerucut dan dipenuhi lapisan-lapisan kulit yang berglugut atau rambut bambu.

Rebung bisa dimanfaatkan sebagai sayuran sebelum menjadi bambu. Biasanya dalam waktu 2-4 bulan rebung akan menjadi bambu. Rebung dapat dipanen di musim hujan pada bulan Desember-Februari.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Subuh 2 Rakaat Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Qunut

.

Dalam ilmu pengobatan tradisional Cina, rebung dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, rebung juga memiliki serat yang dapat menurunkan risiko kanker usus.

Meski demikian, tidak semua jenis bambu memiliki rebung yang enak dimakan. Beberapa di antaranya memiliki rasa yang pahit ketika dimakan. Bambu jenis apus (pring opus dalam bahasa Jawa) merupakan salah satu bamu yang rasanya pahit dan tidak bisa dijadikan masakan.

Dinukil dari buku Kitab Khasiat Buah Sayur Tumpas Segala Penyakit, rebung memiliki khasiat dan manfaat berlimpah, sebagai berikut.

BACA JUGA: Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Manfaat dan khasiat rebung...

× Image