Home > History

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR bukan seorang ulama biasa.
Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah
Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah

MAGENTA -- Sebelum membaca cerita lucu ini, kamu yang belum mengenal Pak AR harus berkenalan dahulu dengan beliau. Nama lengkapnya Abdur Rozak Fachruddin.

Lelaki kelahiran Yogyakarta, 14 Februari 1916 ini adalah seorang mubaligh. K.H. Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR bukan ulama biasa.

BACA JUGA: On This Day: 8 Juni 632 Nabi Muhammad SAW Wafat, Umar Bin Khattab Sempat tak Percaya

.

.

Cara dakwahnya yang luwes dan merangkul membuatnya dekat dengan semua golongan. Baginya, tidak semua permasalahan umat harus dijawab dengan dalil yang disertai ayat dan tafsir.

Suami dari Siti Qomariyah itu seringkali menjawab permasalahan umat dengan bahasan yang ringan. Dan, tak jarang solusi permasalahan umat ditemukan dalam obrolan ringan di warung makan atau guyonan di sela rapat organisasi.

Dai yang sejuk dan penuh humor dalam berceramah ini pernah menjadi orang nomor satu di Muhammadiyah. Pak AR adalah ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah terlama sepanjang sejarah, yaitu 22 tahun.

Ia menjabat sejak 1968-1990. Pak AR wafat di RSI Jakarta pada 17 Maret 1995 dan dimakamkan di Karangkajen, Yogyakarta.

BACA JUGA: Ibadah Haji: Dalil, Pengertian, Hukum, Waktu Mengerjakan, Rukun, dan Syaratnya

Kisah jamaah haji BAB di wastafel...

× Image