Home > History

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR bukan seorang ulama biasa.

Orang Beriman Menjaga Kebersihan

 Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah
Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah

Apalagi hendak berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji, maka imannya juga harus selalu ditingkatkan. Hati juga harus dibersihkan dari persangkaan buruk kepada siapa pun.

"Jadi, orang yang mengaku beriman itu harus bisa menjaga kebersihannya. Salah satunya dia tidak boleh berak sembarangan. Hajat itu harus ditunaikan di tempat yang tepat, di tempat yang sudah disediakan," ujar Pak AR kepada jamaah.

Mendengar ceramah Pak AR yang disampaikan dengan sejuk, jamaah mengangguk-angguk mendengar. Selesai ceramah, Pak AR memberi kesempatan kepada jamaah untuk bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan masalah kebersihan.

.

.

Jamaah juga juga diperkenankan menyampaikan usulan-usulan agar selama perjalanan ke Tanah Suci kapal tetap bersih. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh jamaah.

Banyak di antara mereka yang menyampaikan usulan dan bertanya kepada Pak AR. Saat pak AR hendak mengakhiri kultum, tiba-tiba ada seorang jamaah mengangkat tangan, meminta izin menyampaikan usulan.

"Pak AR. Jika saya boleh mengusulkan, mbok ya tempat untuk berak itu posisinya diturunkan agar tidak terlalu tinggi. Jika posisinya terlalu tinggi, itu membuat saya merasa susah jika akan berak," usul seorang jamaah.

BACA JUGA: Niat Sholat Subuh Sendiri dan Berjamaah, Lengkap dengan Doa Qunut dan Tata Cara

× Image