Home > History

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR bukan seorang ulama biasa.

Kisah Jamaah Haji BAB di Wastafel

 Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah
Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah

Kisah tentang jamaah haji Indonesia yang buang air besar (BAB) di wastafel ini dinukil dari buku Pak A.R. & Jejak-Jejak Bijaknya oleh Haidar Musyafa yang diterbitkan oleh Penerbit Imania, April 2020.

Ceritanya begini.

BACA JUGA: Apa Hukumnya tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

.

.

Pada 1964, Pak AR berangkat ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Ia berangkat dalam kapasitas sebagai Majelis Perjalanan Haji mewakili Muhammadiyah.

Meski baru kali pertama ke Makkah, Pak AR dipercaya menjadi ketua rombongan yang memimpin jamaah dari Jawa Timur dan Madura. Saat itu, perjalanan haji hanya bisa ditempuh melalui jalur laut.

Rombongan jamaah haji Pak AR menggunakan Kapal Motor (KM) Tamrin yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Saat KM Tamrin berlayar mengarungi Laut Jawa, salah seorang awak kapal bagian kebersihan datang menemui Pak AR.

"Pak, saya mohon bapak bersedia memberitahukan kepada jamaah agar mereka bersedia menjaga kebersihan selama dalam perjalanan," kata awak kapal itu dengan bersungut-sungut.

Pak AR tersenyum sebelum menjawab, "Baik. Nanti akan saya sampaikan."

"Mereka itu jorok sekali, Pak," kata awak kapal mengadu.

Belum juga Pak AR menjawab. Awak kapal nyerocos lagi.

"Saya tidak habis pikir dengan tindakan mereka yang berak di wastafel. Saat saya tanya, mereka tidak ada yang mau mengaku," katanya.

BACA JUGA: Bacaan Surat Yasin Full Ayat 1-83 Arab, Latin, dan Terjemahan

Pak AR kaget...

× Image