Home > History

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR bukan seorang ulama biasa.

Nasihat Pak AR

 Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah
Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah

Mendengar usulan itu, tahulah Pak AR orang itulah yang selama ini BAB di wastafel. Orang itu kemudian ditanya berasal dari mana, menginap di kamar berapa, dan lain sebagainya.

Selesai kultum, Pak AR mendatangi orang yang bertanya tadi di kamarnya. Kemudian Pak AR memberi tahu orang tersebut jika tempat yang ditaruh agak tinggi itu namanya wastafel.

Itu bukan untuk berak, tetapi untuk mencuci tangan dan muka. Tempat BAB dan buang air ada sendiri, kata Pak AR sambil menunjukkan tempatnya.

.

.

Jamaah itu pun berulang kali meminta maaf karena sudah berak di wastafel. Dia berjanji tidak akan mengulanginya dan berulang-ulang mengucapkan terima kasih kepada Pak AR karena sudah memberinya nasihat dengan tidak mempermalukannya di depan umum.

Pak AR memilih mendatangi jamaah itu secara pribadi dan menasihatinya di ruangan pribadi, tidak menegurnya di depan umum, karena hal itu akan mempermalukan jamaah di hadapan jamaah lainnya.

Sejak saat itu, tidak ada lagi yang berak di wastafel. Awak kapal bagian kebersihan kembali menemui Pak AR.

"Terima kasih Pak AR. Setelah Bapak memberi nasihat kepada jamaah, sekarang tidak ada lagi yang berak di wastafel," kata awak kapal sembari melempar senyum. (MHD)

BACA JUGA:

Cerita Lucu Ketika Buya Syafii Tegur Pak AR karena Banyak Merokok

Bacaan Lengkap Doa Qunut yang Biasa Dibaca Saat Sholat Subuh

Pengertian Wukuf dalam Ibadah Haji dan Waktu Pelaksanaannya

Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

× Image