Home > History

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR bukan seorang ulama biasa.

Pak AR Kaget

 Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah
Mantan ketua umum Muhammadiyah KH Abdur Rozak Fachruddin atau akrab disapa Pak AR. Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel. Foto: Muhammadiyah

Sontak saja laporan awak kapal itu membuat Pak AR terkejut. Belum sempat Pak AR memberi tanggapan, lagi-lagi si awak kapal sudah mengoceh.

"Jika seperti ini terus, saya dan teman-teman bagian kebersihan kerepotan. Tiap hari kami harus membersihkan kotoran manusia di tempat yang seharusnya untuk mencuci tangan dan muka," katanya.

Mendengar itu, Pak AR paham apa yang dirasakan awak kapal. "Baik. Nanti akan saya ingatkan mereka. Mohon saudara bersabar karena banyak di antara mereka yang berasal dari desa sehingga tidak tahu kalau wastafel itu tempat untuk mencuci tangan," jawab Pak AR.

.

Setelah mengucapkan terima kasih, awak kapal itu pergi meninggalkan Pak AR. Tak lama kemudian waktu sholat tiba, Pak AR mengajak calon jamaah haji sholat berjamaah disambung dengan kuliah tujuh menit alias kultum. Kultum kali ini Pak AR mengambil tema soal kebersihan dalam Islam.

Dengan lembut dan santun, sesekali dibumbui humor, Pak AR menjelaskan kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh karena itu, seorang yang mengaku beriman kepada Gusti Allah dan rasul-Nya harus menjaga kebersihan, baik kebersihan tubuh, pakaian, tempat tinggal, lingkungan, dan lain sebagainya.

Jika ingin imannya baik, kata Pak AR, maka tidak boleh membuang sampah dan kotoran sembarangan. Jika BAB atau berak harus dilakukan di tempat yang disediakan.

BACA JUGA: Khasiat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Jerawat, Bau Badan, dan Mengobati Amandel

Orang beriman menjaga kebersihan...

× Image