Home > Gaya Hidup

Momofuku Ando, Sosok Penemu Mi Instan Chicken Ramen

Momofuku Ando melihat masyarakat Jepang suka mengonsumsi mi.

Chicken Ramen Diperkenalkan

Instalasi mi di Museum Mi Instan di Jepang. Foto: Japan Experience
Instalasi mi di Museum Mi Instan di Jepang. Foto: Japan Experience

Sayang, keinginan Momofuku tidak mendapat respons cepat. Namun, seiring berjalannya waktu, Momofuku Ando menyaksikan sendiri masyarakat Jepang tetap menyukai mi. Hal itu terlihat dengan banyaknya antrean orang di sebuah warung hanya untuk menikmati mi.

"Hal-hal demikian mendorong Momofuku Ando berupaya keras mewujudkan keinginannya, yaitu mi yang cepat saji dan tidak perlu mengantre untuk mendapatkannya," tulis buku tersebut.

Akhirnya jerih payah dan kesabaran Momofuku Ando membuahkan hasil. Chicken ramen, mi instan kaldu ayam yang dikenalkan pada 1958 mendapat sambutan sangat baik. Tidak mengherankan jika kemudian banyak yang meniru produk tersebut.

.

.

BACA JUGA: Kamu Perlu Tahu, Mitos-Mitos Soal Kolesterol

Khawatir makin banyaknya mi jiplakan, Momofuku Ando mematenkan merek Chicken Ramen. Kemudian, pada 1961, Chicken Ramen secara hukum menjadi merek dagang.

Selanjutnya Momofuku Ando membuka usaha di Amerika Serikat. Kemudian, pada 1971 ia meluncurkan produk mi dalam gelas atau cup noodles. Bisnis mi instan Momofuku Ando pun makin berkembang.

Selanjutnya, perusahaan miliknya, Nissin, menjalin kerja sama dengan Badan Penjelajahan Antariksa Jepang menciptakan mi instan yang dapat dimakan di luar angkasa atau di tempat hampa udara, yaitu Space Ram. Produk tersebut telah dikonsumsi oleh antariksawan Jepang yang ikut dalam pesawat ulang-alik Discovery pada 2001.

Pada 1988, Momofuku Ando mendirikan Gedung Foodeum di Shinjuku, Tokyo. Gedung tersebut disebutnya sebagai Istana Mi karena di dalamnya ada museum mi dan restoran mi. Momofuku Ando meninggal dunia pada 5 Januari 2007 di kota Ikeda, Osaka, Jepang.

BACA JUGA:

Terapi Makanan Prof Hembing: Bubur Lidah Buaya Kencangkan Kulit Wajah dan Atasi Flek Hitam

Cara Mengobati Sihir Cinta Guna-Guna Istri pada Suami, Baca Ayat Alquran Ini

Cara Melindungi Diri dari Sihir, Salah Satunya Makan Kurma Ajwa

Alasan Soeharto Ogah Temui Habibie Usai Lengser

On This Day: 21 Mei 1981, Indonesia Geger Saat Hamka Putuskan Mundur Sebagai Ketua MUI

× Image