Home > Tips

Bagaimana Membangun Rumah Sederhana Aman dari Gempa Bumi? Ini Kata Pakar

Masyarakat Indonesia sejak dahulu memiliki model arsitektur rumah dengan kearifan lokal yang aman dari bencana.

Rumah sederhana tahan gempa

Nanda Ika Dewi Kumalasari dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Jawa III mengatakan, pihaknya bertugas melaksanakan pembangunan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya, prasarana, sarana, dan utilitas umum, serta koordinasi penyediaan lahan dan pengembangan hunian.

Dalam hal ini, BP2P memiliki layanan Klinik Rumah Swadaya (KRS). Menurutnya, KRS ini adalah sebagai sumber pengetahuan untuk layanan teknik dan layanan informasi bagian perumahan terkait rumah sederhana yang tahan bencana.

Nanda menyebutkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan KRS ini untuk mengkonsultasikan rencana pembangunan rumah yang dapat disesuaikan dengan kondisi di sekitar tempat pembangunan dan juga dana yang dimiliki klien.

“Kita nantinya menyediakan desain rumah dan pekerja bangunan yang sudah tersertifikasi. Untuk konsultasi sendiri, masyarakat tidak perlu khawatir sebab BP2P menyediakan layanan KRS secara gratis,” terangnya.

Tahun ini, kata Nanda, BP2P sudah hampir melayani 1.500 layanan dan kedepannya berusaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan sehingga dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan hunian yang aman dan selamat.

× Image