Home > Khazanah

Tahukah Kamu Brokoli Bisa Jadi Pengganti Nasi dan Bikin Awet Muda

Brokoli juga bisa memperlancar aliran asam amino ke otak, sehingga bisa mencerdaskan.
Brokoli. Foto: www.freepik.com
Brokoli. Foto: www.freepik.com

MAGENTA -- Tanaman ini mirip dengan kembang kol. Namanya brokoli atau Brassica oleracea var. Brokoli berwarna hijau dan mudah ditemui di daerah sejuk, di dataran dengan ketinggian 1.000-2.000 mdpl.

Brokoli memiliki bentuk yang mengembang menyerupai telur lonjong dan berwarna hijau. Brokoli jika dikonsumsi secara rutin akan mampu menghambat penuaan kulit.

BACA JUGA: Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

.

Brokoli akan cepat menjadi layu jika tidak segera disimpan dalam kondisi dingin. Krop brokoli dapat bertahan kurang lebih tiga minggu jika disimpan pada suhu 1ºC. Untuk menjaga kesegarannya krop brokoli dapat dibungkus dengan plastik polythene.

Seperti dinukil dari buku Kitab Khasiat Buah Sayur Tumpas Segala Penyakit oleh Anggi Swastika ada banyak manfaat dan khasiat brokoli, di antaranya sebagai berikut:

Manfaat dan Khasiat Brokoli

1. Vitamin A dan C yang terkandung dalam brokoli bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menjaga supaya tetap awet muda, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan berbagai infeksi.

2. Brokoli juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan.

3. Brokoli dapat meningkatkan pH yang terlalu asam dalam tubuh, sehingga akan membuat aktivitas hati menjadi lebih baik, jaringan menjadi elastik, otot menjadi lentur, dan tulang menjadi lebih kuat.

4. Brokoli juga memperlancar aliran asam amino ke otak, sehingga bisa mencerdaskan.

5. Brokoli merupakan sayuran yang sangat bagus untuk melawan dan mencegah kanker, karena ada agen antikanker yang terkandung di dalamnya yaitu indoles, isothiocyanate, glukosinolate, dithiolthione, betakaroten, dan sulforaphane (zat ini akan membentuk enzim yang mampu melawan kanker, diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, dan tekanan darah tinggi).

6. Brokoli juga mampu menormalkan kadar gula dalam darah. Bahkan brokoli dapat berfungsi sebagai pengganti nasi oleh penderita kencing manis, karena brokoli merupakan sumber karbohidrat dengan jumlah kalori yang lebih rendah daripada nasi.

7. Brokoli mampu menurunkan kadar kolesterol jahat karena mengandung serat pektin tertentu, yaitu kalsium pektat yang mampu mengikat asam empedu yang membuat kolesterol tertahan di hati dan hanya sedikit kolesterol dilepaskan ke aliran darah.

8. Karena brokoli mengandung asam folat, brokoli sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

9. Brokoli juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan jantung, strok, dan berbagai jenis kanker yaitu kanker kolon, kanker prostat, kanker paru, kan ker kandung kemih, kanker payudara, kanker rahim, kanker leher rahim (serviks), esophagus,dan laring.

BACA JUGA: Khasiat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Jerawat, Bau Badan, dan Mengobati Amandel

Tips memasak brokoli dan cara membuat jus brokoli.....

× Image