Home > History

Wali Kota Bobby Minta Begal Ditembak Mati, Teringat Ucapan Soeharto Soal Petrus

Orde Baru menekan kriminalitas dengan operasi Petrus.
Poster presiden kedua RI Soeharto. Foto: Antara/Andika Wahyu
Poster presiden kedua RI Soeharto. Foto: Antara/Andika Wahyu

MAGENTA -- Wali Kota Medan Bobby Nasution mengungkapkan kejahatan begal dan geng motor sudah sangat mengkhawatirkan masyarakat dan harus ditindak tegas. Bahkan, bila perlu para begal tersebut ditembak mati.

"Saya harap pihak kepolisian lebih tegas untuk menindak para pelaku di lapangan, walaupun harus ditembak mati," tulis Bobby di akun Instagram pribadinya, Jumat (7/7/2023).

BACA JUGA: Ngeyel, Soeharto Ogah Pakai Rompi Antipeluru Saat Kunjungi Bosnia pada 1995

.

Sontak, pernyataan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu ditentang keras oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras). Kontras mendesak Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta maaf atas pernyataannya yang meminta polisi menembak mati para pelaku kejahatan begal.

Menurut Kontras, para begal juga merupakan warga negara yang memiliki hak memperoleh proses hukum secara adil.

"Pertama, Wali Kota Medan untuk meminta maaf dan menarik pernyataannya," kata Wakil Koordinator Badan Pekerja Kontras Tioria Pretty dalam keterangan tertulis, Rabu (12/7/2023).

Wali Kota Medan Bobby Nasution. Foto: Republika/Thoudy Badai
Wali Kota Medan Bobby Nasution. Foto: Republika/Thoudy Badai

BACA JUGA: On This Day: 21 Mei 1981, Indonesia Geger Saat Hamka Putuskan Mundur Sebagai Ketua MUI

Bobby, kata Pretty, sebagai kepala daerah seharusnya menyadari ia merupakan pimpinan sipil yang wajib melindungi semua warga kota Medan. Meski mendapat tentangan dari Kontras, tetap saja ribuan warga Medan dan sekitarnya mendukung ketegasan Bobby yang bertindak tegas terhadap pelaku begal sadis.

Dukungan diberikan kepada Bobby melalui poling di website polingkita.com "Setujukah Anda dengan seruan Wali Kota Medan Bobby Nasution kepada pihak berwajib untuk menembak mati begal?"

Dari 15.476 partisipan yang ikut poling, sebanyak 15.094 suara menyatakan mendukung Bobby Nasution yang menyerukan agar kepolisian menembak mati para begal sadis jika diperlukan. Sisanya, 382 orang tak setuju begal sadis ditembak mati.

BACA JUGA: Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Orde Baru tekan kriminalitas dengan Petrus...

× Image