Home > News

TNI AL Dukung BI Jamin Ketersediaan Rupiah di Pelosok Daerah Melalu ERB 2024

Sebanyak Rp 8 miliar uang layak edar didistribusikan ke pulau 3 T.
Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 sedang memasok kebutuhan rupiah ke Kepulauan Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3 T). Foto: Laman resmi TNI 
Tim Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024 sedang memasok kebutuhan rupiah ke Kepulauan Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3 T). Foto: Laman resmi TNI

MAGENTA TODAY -- TNI AL mendukung Bank Indonesia dalam menjamin ketersediaan rupiah di pelosok tanah air yang sulit terjangkau oleh transportasi umum. Melalui Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB 2024) TNI AL siap membantu penyediaan uang layak edar khususnya di Kepulauan Terdepan, Terluar, dan Terpencil (3 T).

Dalam kegiatannya, ERB 2024 berlayar di atas KRI dr. Soeharso-990 yang merupakan unsur TNI AL Koarmada II berjenis Kapal Bantu Rumah Sakit dengan membawa 30 orang Tim ERB 2024.

Mereka terdiri dari Tim Departemen Komunikasi BI, Tim Medis TNI AL, Media Nasional dan petugas Kantor Perwakilan BI dari beberapa wilayah provinsi, serta perwakilan Baznas. Tim ERB 2024 akan mendistribusikan uang rupiah layak edar senilai kurang lebih Rp 8 miliar di pulau-pulau 3T.

BACA JUGA: Cerita Bang Ali Tampar Sopir Truk dan Digaji Rp 9.500 untuk Ngurusin Jakarta

ERB tahun 2024 dilaksanakan di dua wilayah provinsi yaitu Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) pada 23 hingga 29 Februari 2024. Di Kaltara ERB mengunjungi Pulau Sebatik, Pulau Derawan, Pulau Maratua, Desa Talisayan, dan Pulau Bunyu.

Saat ini tim ERB telah memasuki Desa Talisayan untuk melaksanakan kegiatan penukaran uang layak edar, sosialisasi cinta, bangga, paham (CBP) rupiah, penyaluran program sosial BI (PSBI) baik regular maupun berupa sembako dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah (ZIS) kepada masyarakat dari baznas, serta Layanan kesehatan untuk masyarakat dari Tim Medis Lantamal XIII.

Kerja sama kedua institusi TNI AL dan BI ini terlaksana dalam kegiatan kas keliling di Kepulauan 3T wilayah Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur dengan mengangkat tema 'Ekspedisi Rupiah Berdaulat 2024.'

BACA JUGA: Ada Kuburan Orang Belanda di Tanah Abang, Dulu Mayatnya Diangkut Perahu Lewat Kali Krukut

ERB 2024 dilepas langsung oleh Koorsahli Kasal Laksamana Muda TNI Budi Setiawan, Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah serta didampingi Waasops Kasal Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso, Kadiskual Laksamana Pertama TNI Imam Subarkah, Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Deni Herman dan Forkopimda Provinsi Kalimantan Utara di Dermaga Mamburungan Mako Lantamal XIII, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, Jumat (23/2/2024).

Kegiatan ERB 2024 merupakan wujud pelaksanaan dari program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Menurutnya personel TNI AL harus turut ikut mengambil peran dalam sebagai garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI dalam hal ini membangun kerja sama dengan BI dalam perwujudan rupiah berdaulat ke seluruh penjuru Republik Indonesia.

Sumber: Laman resmi TNI

BACA JUGA: Daftar Nama Peraih Ballon d'Or dari Tahun ke Tahun Sejak 1956

× Image