Home > News

UNY Sosialisasikan SNPMB kepada Kepala Sekolah SMA/SMK/MA se-DIY

Calon mahasiswa tidak diterima di SNBP dan SNBT, agar tidak berkecil hati.
Sosialisasi SNPMB Jalur SNBP bagi Kepala Sekolah SMA/SMK/MA se-Yogyakarta. Foto: Laman resmi UNY
Sosialisasi SNPMB Jalur SNBP bagi Kepala Sekolah SMA/SMK/MA se-Yogyakarta. Foto: Laman resmi UNY

MAGENTA TODAY -- Tim Admisi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Yogyakarta (Admisi UNY) menyelenggarakan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) terutama untuk Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Sosialisasi yang digelar di Aula Sasana Krida Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (26/2/2024) diikuti seluruh kepala sekolah SMA/SMK/MA se-Provinsi DIY.

Dalam sambutannya, Wakil Kepala Dinas Dikpora DIY Suhirman menyampaikan agar seluruh kepala sekolah mencermati pemetaan siswa yang diterima terutama di UNY. Ia juga berpesan agar kepala sekolah meyakinkan pada siswa mendaftar di UNY, juga kaitannya dengan PDSS dipastikan tidak ada kendala.

BACA JUGA: Pendaftaran SNBP 2024 Segera Dibuka, Ini Kiat Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

Di kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNY Siswantoyo menyampaikan, karena UNY sudah menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTNBH), kuota untuk SNBP berjumlah 20 persen, SNBT berjumlah 30 persen dan jalur Seleksi Mandiri 50 persen dari jumlah daya tampung.

“Bilamana calon mahasiswa tidak diterima di SNBP dan SNBT, agar tidak berkecil hati karena masih ada jalur SM yang mengakomodir dari jalur prestasi akademik, prestasi unggul, prestasi olahraga unggul, CBT dan lain sebagainya,” terang Siswantoyo dikutip dari laman remsi UNY, Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, Kepala Unit Admisi UNY Bambang Saptono mengatakan sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai NPSN dan mengisikan rapor siswa yang eligible di PDSS dengan lengkap dan benar.

BACA JUGA: 11 Pilihan Makanan Tinggi Protein dan Rendah Lemak Terbaik

Sekolah harus memiliki akun SNPMB sekolah untuk pengisian PDSS. Siswa harus memiliki akun SNPMB siswa untuk pendaftaran SNBP. Semuanya dilakukan di Portal SNPMB. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024 atau 2023 tidak dapat mendaftar UTBK-SNBT 2024.

Didik Hariyanto, seorang tenaga pendidik yang menjadi narasumber pada sosialiasi tersebut menjelaskan secera rinci tentang tentang persyaratan sekolah, persyaratan siswa pendaftar eligible, ketentuan pemeringkatan siswa, pengisian data PDSS, pendaftaran, portofolio, pilihan program studi, prinsip dan tahapan seleksi, sanksi bagi sekolah yang melakukan kecurangan, dan seputar pendaftaran KIP Kuliah.

Editor: Emhade Dahlan

BACA JUGA: Golongan Darah O Cocok Olahraga Bela Diri dan Bersepeda, Apa Golongan Darahmu?

× Image