Home > Gaya Hidup

Golongan Darah O Cocok Olahraga Bela Diri dan Bersepeda, Apa Golongan Darahmu?

Pemilihan jenis olahraga sesuai golongan darah dapat memberi manfaat positif untuk tubuh.
Olahraga bersepeda cocok dilakukan oleh golongan darah O. Foto: ANTARA/RENO ESNI
Olahraga bersepeda cocok dilakukan oleh golongan darah O. Foto: ANTARA/RENO ESNI

MAGENTA -- Golongan darah manusia terbagi dalam empat tipe, yakni A, B, AB, dan O. Keempatnya dibedakan berdasarkan rhesus positif dan negatif. Dokter bisa menyelamatkan nyawa manusia dengan melakukan transfusi darah ketika ia mengetahui golongan darah seseorang. Golongan darah O cocok olahraga bela diri dan bersepeda. Apa golongan darahmu?

Adalah Karl Landsteiner, orang yang berjasa menemukan golongan darah. llmuwan yang lahir di Wina, Austria pada 14 Juni 1868 itu mengklasifikasikan darah manusia ke dalam kelompok A, B, AB, dan O pada 1909.

BACA JUGA: Kenali Kekuatan, Kelemahan, dan Risiko Penyakit Tiap Golongan Darah

.

Sebelumnya, tidak ada yang tahu penyebab gumpalan atau aglutinasi sel darah merah yang terjadi dalam pencampuran darah dua orang. Temuan Landsteiner membuka jalan bagi sistem golongan darah sehingga memungkinkan praktik transfusi darah.

Atas temuannya, Landsteiner yang juga bekerja sebagai jurnalis itu mendapat Nobel Prize untuk Fisiologi atau Kedokteran pada 1930.

Dikutip dari buku Hidup Sehat untuk Golongan Darah oleh Christiana Dwi Setyaningsih dan Irmawati, setiap golongan darah memiliki kecocokan terhadap sebuah olahraga. Pemilihan jenis olahraga sesuai golongan darah dapat memberi manfaat positif untuk tubuh.

Jenis Olahraga Berdasarkan Golongan Darah

1. Golongan Darah A

Olahraga yang cocok untuk orang bergolongan darah A adalah olahraga ringan, low impact, dan tidak cocok dengan jenis olahraga berat. Sebab, metabolisme golongan darah A dapat mencerna tumbuh-tumbuhan dengan baik dan tidak cocok dengan daging merah.

Daging merah akan membangun otot menjadi lebih kuat sehingga dapat melakukan olahraga berat. Orang yang memiliki golongan darah A sangat mudah terserang stres sehingga latihan fisik yang low impact akan membantu merilekskan pikiran serta tubuhnya.

Jika golongan darah A melakukan jenis olahraga berat atau olahraga terlalu intens, maka otot akan menjadi mengeras dan produksi asam laktat mengalami peningkatan.

Beberapa jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan oleh orang bergolongan darah A, yaitu yoga, tai chi, golf, berenang, berjalan santai, bermeditasi untuk mengurangi stres, serta latihan pernapasan.

Setelah selesai berolahraga dapat dilakukan peregangan agar tubuh menjadi segar dan otot serta denyut jantung bekerja dengan normal kembali. Berolahraga setiap 2-3 kali dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan dan kesegaran tubuh.

2. Golongan Darah B

Olahraga keras dan olahraga relaksasi mental cocok dilakukan oleh orang yang bergolongan darah B dengan syarat seimbang melakukannya.

Misalnya, setelah tiga hari berolahraga yang menguras fisik, kemudian dilanjutkan dengan olahraga relaksasi seperti yoga pada dua hari yang selanjutnya. Golongan darah B harus menghindari olahraga yang bersifat kompetisi keras, seperti sepakbola dan basket. Olahraga yang cocok untuk golongan darah B, yaitu bersepeda santai, hiking, tenis, badminton, aerobik, dan beladiri.

3. Golongan Darah AB

Orang bergolongan darah AB sangat baik melakukan olahraga yang menenangkan dan latihan fisik yang sedang karena golongan darah AB merupakan gabungan dari golongan darah A dan B.

Olahraga yang cocok untuk golongan darah AB, yaitu yoga, tai chi, golf, berenang, berjalan santai, bermeditasi, bersepeda santai, tenis, badminton, aerobik, balet, dan dance.

4. Gologan Darah O

Karena orang bergolongan darah O merupakan orang dengan aktivitas tinggi, maka olahraga yang cocok untuknya adalah jenis olahraga yang memacu jantung (kardio) serta olahraga yang memacu fisik secara intensif.

Orang dengan golongan darah O sebaiknya berolahraga pada pagi hari daripada malam hari karena udara di pagi hari masih sejuk dan belum tercemar polusi sehingga sangat baik untuk kesehatan. Dianjurkan juga berolahraga secara rutin selama enam pekan agar memperoleh hasil optimal.

Beberapa olahraga yang cocok dan baik untuk golongan darah O, yaitu joging, lari, jalan cepat, aerobik, bela diri, berenang, dan bersepeda.

BACA JUGA:

Mengenal Karakter dan Keunikan Sifat Seseorang Berdasarkan Golongan Darah

Meski Pahit, Pare Mampu Menekan Sel Kanker dan Menurunkan Gula Darah

Khasiat Daun Dewa Bisa Mengobati Kolesterol, Batuk Darah, dan Menghilangkan Flek Hitam

Cara Meracik Daun Bayam Duri untuk Obat Bisul, Wasir, Demam, dan Tambah Darah

Inilah Jenis Olahraga Terbaik untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

× Image