Home > Gaya Hidup

Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

Sebelum digunakan sebagai obat, sebaiknya akar pepaya dikeringkan terlebih dulu.

Cara Meracik Akar Pepaya Sebagai Obat

 Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar

4. Mengatasi cacingan

Siapkan 1 gram akar pepaya kering dan 1 gram bawang putih. Iris akar pepaya dan bawang tipis-tipis. Rebus bersama 100 ml air selama 15 menit, sisakan 75 ml. Minum sehari 3 kali, masing-masing sebanyak 25 ml.

BACA JUGA: Pertolongan Pertama Ketika Digigit Ular, Jangan Sedot Bekas Gigitan dengan Mulut!

.

.

5. Sebagai minuman penyegar

Ambil 2 potong akar pepaya kering dan 1 lembar daun pepaya. Tumbuk kedua bahan hingga halus. Rebus bersama 1 liter air sampai mendidih lalu saring. Campurkan madu atau jahe secukupnya agar rasanya lebih segar.

6. Mengatasi rematik

Siapkan 30 gram akar pepaya kering, 20 gram daun jeruk nipis, 15 gram sambiloto segar, 20 gram daun ketepeng cina, 30 gram daun sirih segar, serta 5 buah cabai rawit.

Haluskan semua bahan dan rendam dalam alkohol 75 persen selama tujuh hari. Setelah tujuh hari, peras dan saring airnya. Gunakan air perasan untuk menggosok/ mengurut bagian yang sakit sebanyak 2-3 kali sehari.

Catatan: Ramuan akar pepaya tidak boleh diberikan pada wanita hamil karena berdasarkan penelitian, pemberian raw papain akan menyebabkan efek embriotoksik dan teratogenik yang bisa menyebabkan keguguran.

BACA JUGA: Gaji ke-13 PNS Cair 5 Juni 2023: Apa Itu Gaji ke-13 dan Berapa Besarannya?

× Image