Home > Gaya Hidup

Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

Sebelum digunakan sebagai obat, sebaiknya akar pepaya dikeringkan terlebih dulu.
Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi pohon pepaya. Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya. Foto: Republika/Putra M. Akbar

MAGENTA -- Tanaman yang satu ini bisa tumbuh di mana-mana. Pepaya yang bernama ilmiah Carica papaya L bisa ditemukan di daerah tropis, subtropis, daerah basah, daerah kering, bahkan di pegunungan sekalipun. Pepaya berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika bagian utara.

Selain buahnya yang berasa manis, pohon pepaya yang mudah ditemukan di pekarangan rumah bisa juga diambil akarnya untuk digunakan sebagai obat. Sebelum digunakan sebagai obat, sebaiknya akar pepaya dikeringkan terlebih dulu.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Biji Pepaya dan Biji Pinang Bisa Obati Cacingan

.

.

Akar pepaya mengandung senyawa kimopapain, papain, fitokinase, kalsium maleat, asam malat, karpain, serta glikosida sianogenik. Karena ada kandungan glikosida sianogenik, penggunaan akar pepaya harus dengan hati-hati, terutama yang masih berbentuk akar segar.

Menurut buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, akar pepaya memberikan efek farmakologi sebagai obat cacing, obat penyakit ginjal, peningkat volume urine, mengobati gigitan ular berbisa, serta bisa mengobati rematik.

BACA JUGA: Jamaah Indonesia Bisa Sewa Kursi Roda dan Skuter untuk Tawaf dan Sai, Ini Tarifnya

Cara meracik akar pepaya sebagai obat...

× Image