Home > History

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Surat kabar Belanda mengejek dan meremehkan pengangkatan Soedirman menjadi panglima.

Alasan Memilih Soedirman Menjadi Panglima Besar

Jenderal Soedirman. Sumber: Republika.co.id
Jenderal Soedirman. Sumber: Republika.co.id

Di kalangan perwira-perwira Jawa yang besar jumlah anggotanya, Soedirman mempunyai kelebihan daya tarik dan dipandang punya kharisma yang besar. Di zaman pendudukan Jepang, Soedirman pernah duduk sebagai anggota Dewan Daerah "Syu Sangi Kai" di Purwokerto, di Jawa Tengah, sehingga sedikit banyak punya pengalaman di dunia politik.

Sesudah Proklamasi, Soedirman menjadi lebih terkenal di medan perang karena mampu memukul mundur sebuah satuan tugas Inggris di Ambarawa. Di hari-hari pertama pembentukan BKR (Badan Keamanan Rakyar) di Banyumas, Soedirman berhasil melakukan perlucutan senjata terhadap bala tentara Jepang dengan jalan diplomasi tanpa banyak korban.

Soedirman adalah pemimpin divisi yang mempunyai persenjataan lebih banyak yang diperoleh dari hasil penyitaan dari pihak Jepang sehingga dapat membantu divisi lainnya yang kekurangan persenjataannya. Soedirman juga punya kewibawaan yang disegani oleh pihak Jepang saat menjabat sebagai Daidancho.

.

.

Soedirman juga pernah menjabat sebagai guru sekolah Muhammadiyah yang memiliki sifat kebapakan. Soedirman adalah pemimpin pemuda Muhammadiyah.

Soedirman adalah pemimpin Pramuka Hisbulwathon maupun KBI (Kepanduan Bangsa Indonesia). Soedirman adalah pemimpin koperasi kabupaten. Soedirman juga menjadi anggota DPRD.

BACA JUGA: Hanya Ada Tiga Jenderal Bintang Lima di Indonesia, Siapa Saja?

× Image