Home > Gaya Hidup

Pantangan Orang Betawi: Dilarang Makan Pisang Dempet Hingga Nyari Kutu Habis Ashar

Ada makna filosofis di balik berbagai macam pantangan orang Betawi.

Pantangan Orang Betawi

Penampakan gerhana bulan total. Foto: ANTARA FOTO/Indrayadi TH
Penampakan gerhana bulan total. Foto: ANTARA FOTO/Indrayadi TH

14. Waktu gerhana ibu hamil harus sembunyi

Pada waktu terjadi gerhana bulan atau orang Betawi menyebutnya bulan kapangan. Ibu yang sedang hamil harus bersembunyi di kolong meja atau kolong tempat tidur. Alasan yang diberikan adalah agar bayinya yang lahir nanti tidak berwarna gelap atau hitam, atau berwarna belang atau hitam dan putih.

Alasan filosofis sebenarnya adalah memandang bulan sedang gerhana terus-menerus adalah berbahaya untuk kesehatan mata. Lagipula, orang Islam dianjurkan melaksanakan sholat sunah gerhana sewaktu terjadinya gerhana itu, bukan menyaksikan gerhana.

15. Nyari kutu habis ashar

Dulu sering didapati ibu-ibu maupun wanita yang belum jadi ibu, duduk berbanjar mencari kutu kepala. Misalnya ibu nomor satu dicarikan kutunya oleh ibu nomor dua. Ibu nomor dua dicarikan duduk oleh ibu nomor tiga, ibu nomor tiga dicarikan kutunya oleh nomor empat, dan seterusnya.

Kalau jumlahnya banyak, nanti akhirnya ibu nomor terakhir duduk di depan ibu nomor satu untuk dicarikan kutunya oleh ibu nomor satu. Hal ini dilarang untuk dilakukan sehabis waktu ashar dengan ancaman nanti kalau meninggal setannya akan menjadi genderuwo. Setan yang menakutkan.

“Alasan sebenarnya, sehabis ashar sampai maghrib adalah waktu yang sangat singkat, padahal ibu-ibu harus masak untuk makan malam. Di Betawi dulu waktu makan bukan malam, tetapi sore sebelum maghrib atau mengurus keperluan lain menjelang sholat maghrib dan malam hari,” kata Chaer

16. Tidur menjelang maghrib

Orang Betawi dulu percaya kalau tidur menjelang maghrib akan mendapat penyakit lupa ingatan. Oleh karena itu, tidur menjelang maghrib ini sangat dilarang. Apa benar akan mendapat penyakit hupa ingatan? Wallahu a'alam.

Namun, yang jelas, tidur menjelang Magrib akan menyebabkan terlupa akan sholat maghrib. Hal ini sangat berbahaya, karena waktu sholat maghrib itu sangat singkat waktunya. Sholat maghrib itu hanya satu jam lebih sedikit. (MHD)

BACA JUGA:

Lebaran Sebentar Lagi, Bagaimana Hukum Jual Beli Uang Baru?

Kesederhanaan Bung Hatta: Ironi Sepatu Bally tak Terbeli dan Tas Branded Istri Pejabat

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

Asal-usul Nama Betawi: Dari Pelesetan Batavia Hingga Kotoran Manusia

Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Mewakili Keluarga

× Image