Home > Gaya Hidup

Tinggi Antioksidan, Ini Segudang Khasiat Buah Manggis dan Kulitnya

Manggis dapat dijadikan sebagai pengobatan alami untuk menumpas kanker.
Buah manggis dapat menurunkan berat badan. Foto: Antara/Wira Suryantala
Buah manggis dapat menurunkan berat badan. Foto: Antara/Wira Suryantala

MAGENTA -- Buah manggis merupakan satu-satunya buah yang tidak akan pernah busuk meskipun disimpan selama berminggu-minggu. Buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini juga akan tetap segar meski tidak disimpan di kulkas.

Hal tersebut dikarenakan buah manggis mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sangat berperan mencegah terjadinya oksidasi pembakaran saat bertemu dengan oksigen.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Subuh 2 Rakaat Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Qunut

.

Manggis juga dapat menangkal radikal bebas, menyembuhkan asma, mengatasi batu ginjal, mencegah obesitas, antipenuaan, meningkatkan energi, menurunkan kolesterol, mencegah sakit tulang, dan masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari buah ini.

Khasiat lainnya dari buah manggis adalah dapat menurunkan berat badan dan membantu menjaga tubuh tetap ideal. Zat xanthone yang terkandung dalam buah ini diketahui dapat merangsang tubuh mengatasi lemak berlebih.

Dinukil dari buku Kitab Khasiat Buah Sayur Tumpas Segala Penyakit oleh Anggi Sastika, selain dikonsumsi daging buahnya, kulit buah manggis juga dapat dijadikan obat sekaligus pencegah penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.

Hasil penelitian Moongkarnd dari Fakultas Farmasi, Mahidol University, Thailand menyebut kandungan antiproliferasi dan garcinone E senyawa xanthone dalam manggis dapat dijadikan sebagai pengobatan alami menumpas kanker. Di dalam kulit manggis terkandung senyawa antosianin dan xanthone yang berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker seperti kanker hati, kanker payudara, dan kanker darah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Cara mendapatkan ekstrak manggis...

× Image