Home > Khazanah

Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Setiap gerakan sholat akan melancarkan peredaran darah.
Gerakan sholat mengandung hikmah bagi pengobatan dan kesehatan jasmani dan rohani. Foto: Republika/Prayogi
Gerakan sholat mengandung hikmah bagi pengobatan dan kesehatan jasmani dan rohani. Foto: Republika/Prayogi

MAGENTA -- Sholat merupakan rukun Islam yang kedua setelah mengucap dua kalimat syahadat. Sholat adalah tiang agama. Banyak dalil perintah sholat di dalam Alquran.

Salah satunya terdapat di surat Al Isra Ayat 78, yang artinya: Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) subuh. Sesungguhnya sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)."

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Dzuhur Lengkap: Arab, Terjemahan dan Tata Cara

.

Dengan ayat itu, seorang muslim wajib mengerjakan sholat semenjak usia baligh (dewasa) hingga meninggal dunia. Ia juga wajib memerintahkan sholat kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya.

Menurut ahli herbal Indonesia Prof H. M. Hembing Wijayakusuma, di dalam sholat terdapat gerakan-gerakan yang mengakibatkan semua titik akupunktur berkontraksi dan berinteraksi urat saraf akan mengendur sehingga menjadi sehat.

"Sholat mengandung hikmah bagi pengobatan dan kesehatan jasmani dan rohani. Setiap gerakan sholat akan melancarkan peredaran darah," tulis Hembing dalam bukunya yang berjudul Prof Hembing Pemenang The Star of Asia: Pertama di Asia Ketiga di Dunia oleh Siti Nafsiah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Gerakan berdiri dalam sholat membuat jantung...

× Image