Home > Khazanah

Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Setiap gerakan sholat akan melancarkan peredaran darah.

Manfaat Gerakan Berdiri dalam Sholat Bagi Jantung

Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa. Foto: Republika/Prayogi
Hikmah Sholat, Setiap Gerakannya Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa. Foto: Republika/Prayogi

Gerakan sholat yang dimulai dengan sikap berdiri membuat jantung bekerja secara normal. Paru-paru, pinggang dan tulang punggung lurus, serta seluruh organ tubuh dalam keadaan normal karena berdiri.

Pada posisi berdiri, kedua telapak kaki berada pada posisi titik-titik akupunktur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada posisi ini semua pikiran dilepaskan dari segala urusan yang membebani jiwa.

BACA JUGA: Niat dan Doa Sholat Witir Beserta Tata Caranya

.

Jika di hati masih tersisa atau memang masih tersimpan kedengkian dan iri hati, cepat atau lambat akan menimbulkan hilangnya keseimbangan hormon dan guncangnya keserasian kimiawi tubuh. Kemudian saat gerakan rukuk, tubuh secara otomatis menarik, menggerakkan, dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di bagian otak dan tulang punggung serta lainnya untuk menjalankan tugasnya.

Gerakan rukuk dalam sholat juga berperan dalam memproduksi dan mengalirkan hormon adrenalin ke dalam darah sebagai tanggapan atas kode-kode ancaman yang bersumber dari rasa takut, hilang kesabaran, panik, dan kehilangan harga diri.

Posisi rukuk akan menggerakkan dan mengendurkan ruas-ruas tulang dan otot serta tendon di sekitar ruas tulang belakang hingga meningkatkan sirkulasi dan metabolisme sehingga dapat menghindarkan penyakit-penyakit pada ruas tulang belakang.

BACA JUGA: Doa dan Niat Sholat Hajat Lengkap, Agar Keinginan Dikabulkan Allah SWT

Manfaat gerakan rukuk bagi sistem saraf...

× Image