Home > Gaya Hidup

Bau Badan dan Cacingan Bisa Hilang dengan Rimpang Temu Giring

Rimpang temu giring juga bisa mengobati campak, simak caranya di sini.
Ilustrasi bau badan. Bau Badan dan Cacingan Bisa Hilang dengan Temu Giring. Foto: Republika/Mgrol101
Ilustrasi bau badan. Bau Badan dan Cacingan Bisa Hilang dengan Temu Giring. Foto: Republika/Mgrol101

MAGENTA -- Selain sering digunakan sebagai bahan pelengkap jamu, tanaman temu giring bisa juga dimanfaatkan sebagai obat.

Temu giring yang memiliki nama ilmiah Curcuma heyneana biasa hidup di daerah pekarangan atau dataran rendah dengan suhu yang agak lembap dan sedikit cahaya. Bagian temu giring yang dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian rimpangnya.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

.

Tinggi batang temu giring bisa mencapai dua meter dan berbentuk tegak. Daunnya berwarna hijau dengan ujung daunnya yang lancip. Bentuk rimpang temu giring panjang, sempit, dan membengkok ke bawah.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, rimpang temu giring mengandung zat aktif yang berfungsi untuk membunuh cacing gelang. Beberapa kandungan kimia dalam rimpang temu giring adalah minyak atsiri, monoterpen, serta seskuiterpen.

Temu giring juga berkhasiat mengatasi perasaan cemas, sembelit, gangguan masalah penceraan, menstruasi yang tidak teratur, menambah nafsu makan, menjaga stamina, sebagai perawatan kecantikan serta mengobati cacingan.

BACA JUGA: Hadits Lalat Tercelup di Minuman, Shahih atau Palsu?

Cara meracik temu giring sebagai obat...

× Image