Home > Gaya Hidup

Rimpang Lempuyang Bermanfaat Mengobati Batuk, Rematik, dan Menambah Nafsu Makan

Lempuyang juga sangat efektif untuk memulihkan kondisi wanita yang baru melahirkan.
Ilustrasi pria batuk. Rimpang Lempuyang Bermanfaat Mengobati Batuk, Rematik, dan Menambah Nafsu Makan. Foto: Dok. Republika
Ilustrasi pria batuk. Rimpang Lempuyang Bermanfaat Mengobati Batuk, Rematik, dan Menambah Nafsu Makan. Foto: Dok. Republika

MAGENTA -- Tanaman rempah lempuyang sering digunakan sebagai lalapan oleh ibu yang habis melahirkan. Lempuyang dibedakan menjadi tiga jenis.

Lempuyang pahit (Zingiber amaricans), lempuyang wangi (Zingiber aromaticum Val.), dan lempuyang gajah (Zingiber zerumbet S). Lempuyang bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan jamu.

BACA JUGA: Idul Adha Sebentar Lagi, Apa Hukum Qurban dengan Biaya Utang?

.

Rimpang lempuyang berukuran besar dan dagingnya berwarna kuning pucat. Daun lempuyang berbentuk seperti mata lembing atau bulat memanjang dengan ujung yang rutin dan pangkal mengecil.

Dikutip dari buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, lempuyang mengandung flavonoid, saponin, serta minyak atsiri. Juga mengandung limonen dan zerumbon yang bisa berkhasiat sebagai antikejang.

Khasiat lempuyang antara lain untuk menambah nafsu makan, menambah darah, mengobati rematik, mengatasi alergi ikan laut, serta mengobati sakit encok dan bengkak.

Lempuyang juga sangat efektif untuk memulihkan kondisi wanita yang baru melahirkan, mengobati asma, serta mengurangi rasa sakit.

BACA JUGA: Niat Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha 2023

Cara meracik lempuyang sebagai obat...

× Image