Home > Khazanah

Bolehkah tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

Hujan yang tidak begitu deras saja dapat menjadi uzur.

Penyebab Muslim Boleh tidak Sholat Jumat

 Jamaah melaksanakan shalat Jumat di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (24/3/2023). Foto: Republika/Thoudy Badai
Jamaah melaksanakan shalat Jumat di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (24/3/2023). Foto: Republika/Thoudy Badai

1. Sedang dalam perjalanan (safar)

Ketika Rasulullah SAW menunaikan ibadah haji yang saat wukuf di Arafah bertepatan dengan hari Jumat, beliau tidak melaksanakan sholat Jumat, namun melakukan sholat zuhur (HR Muslim dari Jabir).

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Dhuha Beserta Doanya Lengkap

.

Demikian juga tidak pernah ternukil dalam hadits bahwa Rasulullah pada saat bepergian melakukan sholat Jumat. Beliau juga tidak pernah memerintahkan para sahabat yang sedang bepergian untuk melakukan sholat Jumat.

2. Sakit yang memberatkan untuk pergi ke masjid

Sebagaimana ketika Rasulullah sakit, beliau tidak sholat di masjid padahal rumah beliau berdampingan dengan masjid. Justru beliau memerintahkan agar Abu Bakar yang menjadi imam sholat menggantikan beliau (HR al-Bukhari dan Muslim dari 'Aisyah).

3. Menahan keluarnya sesuatu dari dua jalan (qubul dan dubur)

Seperti seseorang yang menahan kencing, buang air besar, atau buang angin. Jika waktu sholat Jumat tiba dan dia berkebutuhan untuk keperluan tersebut, sehingga harus antre di toilet, jika terluput dari sholat Jumat, maka yang demikian termasuk uzur baginya.

Rasulullah bersabda: "Tidak ada sholat pada saat makanan dihidangkan dan ketika menahan keluarnya (sesuatu) dari dua jalan (qubul dan dubur)" (HR Muslim).

BACA JUGA: Haji 2023: Doa Masuk Kota Makkah

× Image