Home > Gaya Hidup

Cara Meracik Kangkung Sebagai Obat Migrain, Bisul, Sariawan, dan Haid Berlebih

Kandungan vitamin C kangkung disebut lebih banyak dibandingkan buah-buahan.
Petani memanen sayur kangkung di Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cara Meracik Kangkung Sebagai Obat Migrain, Bisul, Sariawan, dan Haid Berlebih. Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Petani memanen sayur kangkung di Pondok Rajeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Cara Meracik Kangkung Sebagai Obat Migrain, Bisul, Sariawan, dan Haid Berlebih. Foto: ANTARA/Yulius Satria Wijaya

MAGENTA -- Kangkung memberi efek sedatif yang pada akhirnya bisa membuat saraf-saraf tubuh menjadi lebih kendur. Bila saraf sudah mengendur, otomatis tidur pun menjadi lelap dan nyenyak.

Asal-usul kangkung berasal dari India kemudian menyebar ke Malaysia, Myanmar, Cina, Australia, Afrika, dan Indonesia. Sayuran berwarna hijau itu ada dua jenis, yaitu kangkung darat (Ipomea reptans) dan kangkung air (Ipomea aquatica).

BACA JUGA: Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

.

.

Selain sedap untuk ditumis, kangkung juga menyimpan banyak manfaat. Menurut buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, kangkung bisa mencegah sariawan dan gusi berdarah karena kandungan vitamin C-nya lebih banyak dibandingkan buah-buahan.

Khasiat lain dari kangkung adalah sebagai obat diuretik (peluruh kencing), mengurangi perdarahan dan insomia, mengobati mimisan, ketombe, ambeien, serta mengobati gigitan binatang.

BACA JUGA: Terapi Makanan Prof Hembing: Bubur Lidah Buaya Kencangkan Kulit Wajah dan Atasi Flek Hitam

Cara Meracik Kangkung Sebagai Obat

1. Mengatasi ketombe

Ambil daun kangkung segar secukupnya, rendam dalam air semalaman sehingga warna air berubah menjadi kebiru-biruan. Singkirkan kangkung, gunakan airnya untuk keramas.

2. Mengobati mimisan

Ambil daun kangkung secukupnya, cuci bersih. Tumbuk hingga halus dengan menambahkan sedikit gula. Seduh dengan air panas. Dinginkan sebentar. Saring airnya dan minum sehari 2 kali.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Cara Melebatkan Rambut dan Mengatasi Uban

Kangkung untuk mengobati migrain dan bisul...

× Image