Home > History

Cerita Pria Prancis Ciptakan Margarin Sebagai Pengganti Mentega

Mentega dan margarin adalah dua hal yang berbeda.

Hadiah Bagi Penemu Pengganti Mentega

Mentega. Foto: Flickr
Mentega. Foto: Flickr

Dampaknya, permintaan mentega tinggi sehingga mengakibatkan harga mentega melonjak. Kemudian, Napoleon III menawarkan hadiah bagi siapa saja yang dapat menemukan pengganti mentega.

Hippolyte memberi jawabannya dengan penemuan margarin. Dia menjadi pemenang dan menerima hadiah dari pemerintah Prancis.

BACA JUGA: Pertolongan Pertama pada Luka Bakar, Bukan Diolesi Mentega

.

.

Pada 15 Juli 1869, Departemen Pertanian dan Perdagangan Prancis memberikan Hippolyte hak paten selama 15 tahun untuk pengolahan dan produksi margarin. Dua tahun berselang, Hippolyte menjual penemuannya kepada perusahaan Belanda Jurgens, salah satu pilar pendiri perusahaan Unilever.

Hippolyte Mege-Mouries lahir di Draguignan, Prancis pada 24 Oktober 1817. Hippolyte memulai kariernya sebagai seorang ahli kimia pada usia 16 tahun. Ia menjabat sebagai asisten di kota kelahirannya.

Pada 1838, Hippolyte pindah ke Paris. Ia menjabat sebagai seorang apoteker di rumah sakit Hotel Dieu, hinggga 1846. Hippolyte menikah pada 1861. Empat tahun kemudian istrinya meninggal dunia.

Pada 13 Mei 1880, Hippolyte meninggal dunia karena penyakit hati. la dimakamkan berdampingan dengan istri dan anaknya, di Pere Lachaise Cemetery, Prancis.

BACA JUGA:

Sihir Perceraian: Penjelasan, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Cerita Gubernur Ali Sadikin Tampar Sopir Truk Ugal-ugalan dan Digaji Rp 9.500

Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

Terapi Makanan Prof Hembing: Bubur Lidah Buaya Kencangkan Kulit Wajah dan Atasi Flek Hitam

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

× Image