Home > Khazanah

Sholat Jumat di Jalan Raya, Bagaimana Hukumnya?

Semua fuqaha sepakat hukum sholat Jumat adalah fardhu ain.

Sholat Jumat pada Masa Kekhalifahan

Jamaah melaksanakan ibadah Sholat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (11/3/2022). Foto: Republika/Abdan Syakura
Jamaah melaksanakan ibadah Sholat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (11/3/2022). Foto: Republika/Abdan Syakura

KH Ahmad Zahro menjelaskan, berdasarkan paparan di atas dapat dipahami sholat Jumat di jalan raya itu diperbolehkan dan sah, asalkan ada pertimbangan yang dapat dibenarkan secara syar'i (ajaran Islam).

Pertimbangan itu, antara lain masjid yang ada di sekitar tidak mencukupi, tidak menimbulkan gangguan, ada kebutuhan urgen yang mengharuskan dilaksanakannya sholat Jumat di jalan raya, dan ada izin dari yang berwenang mengatur lalu lintas.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sesudah Wudhu, Lengkap dengan Niatnya

.

.

KH Ahmad Zahro menambahkan, pada masa lalu juga pernah terjadi sholat Jumat tidak di masjid, melainkan di tempat terbuka, bahkan di jalan raya. Ibnu Abi Syaibah meriwayatkan dari Abu Harairah r.a. bahwa kaum muslimin pernah menulis surat pada khalifah Umar r.a., menanyakan tentang sholat Jumat.

Maka beliau ra, membalas surat mereka (yang isinya): "Lakukanlah sholat Jumat di mana saja kalian berada (atsar ini sahih).

Pada 1453 M, dalam penaklukkan kekaisaran Byzantium (Romawi Timur), Sultan Muhammad al-Fatih (sultan ke-7 Kesultanan Turki Utsmani) pernah melaksanakan sholat Jumat di jalan raya menuju Konstantinopel bersama ribuan pasukannya yang membentang kira-kira sepanjang 4 Km (Sejarah Penaklukan Konstantinopel).

Dengan demikian, dapat disimpulkan terlepas dari adanya perbedaan pendapat, sholat Jumat di jalan raya itu diperbolehkan dan sah, walau jika dilaksanakan di masjid tentu lebih utama. Wallahu a'lam.

BACA JUGA:

China Minggir Dulu, Juara Negara Terpadat di Dunia akan Dipegang Negara Ini

Kontes Dunia Mencari Keju Terbaik, Siapa Juaranya?

(VIDEO) Rekor Dunia Baru! Perempuan Inggris Makan Nugget Ayam Terbanyak dalam Satu Menit

Generasi Z Ambisius, Milenial Si Kepo, Baby Boomer tidak Suka Dikritik, Kamu yang Mana?

Resep Herbal Prof Hembing: Mengatasi Biang Keringat dengan Lidah Buaya

× Image