Home > Khazanah

Sholat Jumat di Jalan Raya, Bagaimana Hukumnya?

Semua fuqaha sepakat hukum sholat Jumat adalah fardhu ain.
Sholat berjamaah Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di dalam Masjid Merkez di distrik Marxloh, Duisburg, Jerman, (24/3/2023). Sholat Jumat di Jalan Raya, Bagaimana Hukumnya? Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Sholat berjamaah Jumat pertama di bulan suci Ramadhan di dalam Masjid Merkez di distrik Marxloh, Duisburg, Jerman, (24/3/2023). Sholat Jumat di Jalan Raya, Bagaimana Hukumnya? Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL

MAGENTA -- Pernahkah kamu tidak dapat tempat saat ingin sholat Jumat di masjid? Jika di dalam penuh, biasanya jamaah akan tetap sholat, tetapi di halaman masjid, bahkan sampai memakai jalan raya sekitar masjid agar tidak absen sholat Jumat.

Semua fuqaha sepakat hukum sholat Jumat adalah fardhu 'ain (wajib secara perorangan) bagi kaum muslimin yang memenuhi syarat dan tidak ada 'udzur.

BACA JUGA: Ini Dzikir yang Dibaca di Waktu Pagi

.

.

Dalil yang menunjukkan sholat Jumat itu wajib terdapat surat Al Jumuah ayat 9. "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kalian mengetahui."

Selain itu, banyak sekali hadis sahih tentang kewajiban sholat Jumat, antara lain Rasulullah SAW bersabda: "Sholat Jumat itu wajib bagi setiap pribadi Muslim secara berjamaah, kecuali bagi empat jenis orang, yaitu hamba, wanita, anak-anak, dan orang sakit," (HR Abu Dawud dari Thariq bin Syihab r.a.).

BACA JUGA: Cara Melindungi Diri dari Sihir, Salah Satunya Makan Kurma Ajwa

Pertanyaannya, bolehkah sholat Jumat dilaksanakan di jalan raya? Menurut buku Fiqih Kontemporer 3 yang ditulis oleh Prof. KH. Ahmad Zahro, mengenai tempat pelaksanaan sholat Jumat, para fuqaha berbeda pendapat.

Pendapat Fuqaha Mengenai Sholat Jumat di Jalan

1. Fuqaha Malikiyah (ulama ahli fiqih pengikut mazhab Maliki) berpendapat bahwa sholat Jumat hanya boleh dan sah jika dilaksanakan di masjid.

BACA JUGA: Haji 2023: Doa Masuk Kota Madinah

× Image