Home > Gaya Hidup

9 Resep Herbal Prof Hembing untuk Mengobati Rematik, Pegal Linu, dan Sakit Pinggang

Prof Hembing adalah pakar akupunktur dan pengobatan tradisional dengan ramuan tumbuhan.
Ilustrasi pijat karena pegal. 9 Resep Herbal Prof Hembing untuk Mengobati Rematik, Pegal Linu, dan Sakit Pinggang. Foto: Pixabay
Ilustrasi pijat karena pegal. 9 Resep Herbal Prof Hembing untuk Mengobati Rematik, Pegal Linu, dan Sakit Pinggang. Foto: Pixabay

MAGENTA -- Kamu sering mengalami rematik, pegal linu atau sering sakit pinggang? Tidak ada salanya mencoba resep herbal yang diramu oleh ahli herbal Indonesia almarhum dokter Hembing Wijayakusuma atau sering disapa Prof Hembing.

Prof H. M. Hembing Wijayakusuma adalah pakar akupunktur dan pengobatan tradisional dengan ramuan tumbuhan. Ia sangat dikenal karena memiliki acara TV sendiri pada 1994 hingga awal 2000.

Dalam buku Prof Hembing Pemenang The Star of Asia: Pertama di Asia Ketiga di Dunia yang ditulis oleh Siti Nafsiah terbitan Prestasi, ada sembilan ramuan herbal yang dibuat Prof Hembing untuk mengobati rematik, pegal linu, dan sakit pinggang. Berikut resepnya.

.

.

9 Resep Herbal Prof Hembing untuk Mengobati Rematik, Pegal Linu, dan Sakit Pinggang

Ramuan pertama

Siapkan 100 gran buah tekokak, 30 gram rambut jagung, 10 gram adas, dan 15 gram jahe merah. Semua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum hangat-hangat dan buah takokaknya dimakan.

Ramuan kedua

Siapkan 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 10 butir merica, satu butir biji pala, satu ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, dan gula merah secukupnya. Semua bahan direbus dengan air secukupnya. Setelah itu, airnya diminum hangat-hangat dan ubi merahnya dimakan.

BACA JUGA: Inilah Jenis Olahraga Terbaik untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Ramuan ketiga

Siapkan 30 gram akar sawi langit, 30 gram temulawak, 15 gram jahe merah. Semua bahan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum hangat-hangat.

Ramuan keempat

Satu buah bawang bombai diiris-iris lalu direndam dengan cuka beras putih secukupnya selama 4 hari, kemudian ambil satu iris bawang bombai yang telah direndam, kemudian tambahkan air matang dan madu secukupnya lalu diblender. Setelah itu diminum.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Mengobati Telinga Berdenging dengan Jamur Kuping

Resep herbal lainnya di halaman berikutnya...

× Image