Home > Gaya Hidup

Menengok Mahkota Ikonik yang akan Dipakai Raja Charles, Dibuat pada 1661

Penobatan Raja Charles III momen langka melihat mahkota St Edward secara langsung.

Bagian Depan dan Belakang Identik

Mahkota ikonik dan bersejarah milik Kerajaan Inggris, St. Edward. Dibuat pada 1661. Foto: Royal Collection Trust
Mahkota ikonik dan bersejarah milik Kerajaan Inggris, St. Edward. Dibuat pada 1661. Foto: Royal Collection Trust

Seperti yang Anda lihat, bagian depan dan belakangnya hampir identik. Hiasan di sekeliling pita terbuat dari cerpelai, sejenis cerpelai putih dengan ujung hitam di ekornya, yang bulunya telah lama menjadi simbol status di kalangan bangsawan.

Cara termudah untuk mengetahui bagian depan mahkota dari belakang adalah batu permata dengan warna yang berbeda. Ini menyebabkan kebingungan di masa lalu. Menjelang penobatan George VI, konon benang katun merah diikatkan pada mahkota agar lebih mudah membedakan bagian depan dari belakang, namun secara tidak sengaja dilepas sebelum upacara.

"Saya telah mengambil setiap tindakan pencegahan ketika saya berpikir untuk melihat bahwa mahkota itu diletakkan dengan cara yang benar, tetapi dekan dan uskup agung telah memainkannya begitu banyak sehingga saya tidak pernah tahu apakah saya memakainya dengan benar," kata George VI.

.

.

Meski jarang terlihat di depan umum, mahkota tersebut mungkin terlihat familiar. Anda mungkin mengenali versi gaya dari siluet khasnya dari lambang di paspor Inggris, di lencana polisi, atau dari logo Royal Mail yang terlihat di kotak surat dan van mereka.

Dan di media sosial, kini sudah ada emoji kartun mahkota yang otomatis muncul di postingan Twitter ketika seseorang menggunakan tagar yang terhubung dengan coronation (penobatan).

Siluet Mahkota St. Edward di sampul paspor Inggris. Foto: Financial Times
Siluet Mahkota St. Edward di sampul paspor Inggris. Foto: Financial Times

Sementara Ratu Elizabeth II menyatakan Mahkota St Edward sebagai simbol kerajaan, Charles telah memilih mahkota yang berbeda sebagai lambang pemerintahannya. Tetapi peran pentingnya Mahkota St Edward bertahan.

Tracy Borman, penulis Crown & Sceptre, mengatakan Mahkota St Edward mengirimkan pesan yang jelas bahwa itu mewakili ketahanan dan kelangsungan monarki. Charles Farris, sejarawan publik untuk Istana Kerajaan Bersejarah, mengatakan fakta bahwa mahkota ini dicadangkan untuk saat penobatan itu sendiri sangatlah penting.

"Itu benar-benar menambah keajaiban objek yang luar biasa ini," kata Farris.

Jadi, penobatan pada 6 Mei akan menjadi kesempatan langka untuk melihat Mahkota St Edward di depan umum. Setelah itu, mahkota akan kembali lagi ke Menara London menunggu raja berikutnya.

BACA JUGA:

Hari Buruh May Day: Dalam Islam Bekerja Bisa Bernilai Ibadah, Bagaimana Caranya?

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Cara Membuat Status Whatsapp (WA) Pakai Voice Note di Android dan iPhone

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

On This Day: 26 April 1986 Tragedi Chernobyl, Lokasi Bisa Dihuni Manusia 3.000 Tahun Lagi

× Image