Home > Gaya Hidup

Menengok Mahkota Ikonik yang akan Dipakai Raja Charles, Dibuat pada 1661

Penobatan Raja Charles III momen langka melihat mahkota St Edward secara langsung.

Raja Charles III, Raja Ketujuh Pakai Mahkota St. Edward

Raja Charles III menginspeksi parade Sovereign ke-200 di Royal Military Academy Sandhurst di Camberley, Inggris. Jumat (14/4/2023). Foto: REUTERS/Dan Kitwood
Raja Charles III menginspeksi parade Sovereign ke-200 di Royal Military Academy Sandhurst di Camberley, Inggris. Jumat (14/4/2023). Foto: REUTERS/Dan Kitwood

Tetapi, versi Charles II memiliki berlian dan permata berwarna yang disewa khusus dengan harga 500 poundsterling. Menurut sejarawan perhiasan mahkota Anna Keay, nilainya sekitar 75 ribu poundsterling hari ini.

Mahkota ini memiliki empat salib dan simbol bunga lili (fleur-de-lis), dan dua lengkungan bertemu di tengah. Lengkungannya ditutupi manik-manik emas kecil yang menggantikan deretan mutiara imitasi sebelumnya.

Di atas mahkota ada salib berhiaskan berlian, dengan manik-manik yang menjuntai, dan "monde" yang melambangkan dunia pemerintahan raja. Meskipun dibuat pada 1661, Raja Charles III hanya akan menjadi raja ketujuh yang mengenakan Mahkota St Edward.

.

.

Penerus langsung Charles II sama-sama dimahkotai dengan Mahkota St Edward. Mereka adalah James II pada 1685 dan William III pada 1689. Namun karena selera dan mode kerajaan berubah, itu tidak dipakai lagi dalam penobatan selama lebih dari 200 tahun.

Raja Edward VII berencana memakainya pada 1902 dan mahkotanya diperbarui secara khusus. Sayangnya, dia jatuh sakit sebelum penobatan dan sebagai gantinya dimahkotai dengan mahkota negara bagian yang lebih ringan.

George V juga memilih memakai mahkota tersebut dan memasang batunya secara permanen, termasuk puluhan aquamarine. Pakar permata Kim Rix mengatakan aquamarine tidak akan ada di mahkota asli, tetapi populer di kalangan perhiasan kerajaan seperti Fabergé pada pergantian abad. George VI dan Ratu Elizabeth II adalah yang terakhir memakainya saat dia dinobatkan.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Makan yang Ternyata Bikin Kolesterol Meroket

× Image