Home > News

Kisah Anak Pembuat Roti Hafal 30 Juz Alquran Diterima Kuliah di UNY

Ahmad menghafal Alquran selama 4,5 tahun dan selesai pada awal kelas 12.
Mahasiswa baru UNY Ahmad Husain Arridho hafal 30 juz Alquran. Foto: uny.ac.id
Mahasiswa baru UNY Ahmad Husain Arridho hafal 30 juz Alquran. Foto: uny.ac.id

MAGENTA -- Nama lengkapnya Ahmad Husain Arridho. Ia diterima menjadi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada program studi biologi Fakultas MIPA setelah bersaing dengan 173.965 orang yang ingin berkuliah di UNY.

Kelebihan pria kelahiran Sleman 25 Mei 2005 itu dari ribuan mahasiswa baru yang berkuliah di UNY adalah pintar mengaji. Husain adalah seorang penghapal 30 juz Alquran.

BACA JUGA: Keren! Munandar Julkarnaen Jadi Mahasiswa Termuda UNY di Usia 15 Tahun

.

"Saya menghafal Alquran selama 4,5 tahun dan selesai pada awal kelas 12,” kata alumni Madrasah Aliyah Unggulan Al Imdad itu di UNY, Senin (14/8/2023), dikutip dari uny.ac.id.

Keinginannya menghafalkan Alquran bermula saat kakak kandungnya telah khatam Alquran. Hal itulah yang mendorongnya ikut program tahfidz di MTs Al Imdad Bantul.

Kendala yang dihadapi dalam menghafal Alquran, kata Husain, adalah konsistensi. Biasanya tantangan terberat adalah saat mencapai juz 10. Tantangannya adalah rasa malas, kesibukan berkegiatan, dan sebagainya.

Warga Sempol Hargobinangun Pakem Sleman tersebut mengatakan pondok pesantren Al Imdad tempatnya menuntut ilmu memberi fasilitas bagi para penghafal Alquran dengan cara membedakan jadwal belajarnya.

“Santri biasa jadwal mengaji secara sorogan lebih padat, sedangkan santri penghafal punya waktu sendiri. Jadi jam sorogan diganti jam tadarus” ujarnya.

Bahkan, lanjut Husain, pondok pesantren akan membiayai apabila ada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) atau Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) agar santri tahfidz juga bisa berprestasi.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Dukungan orang tua...

× Image