Home > News

Gelombang Panas Biang Kerok Penderitaan Anak-Anak di Asia Selatan

Anak-anak tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan suhu.

Bayi dan Ibu Hamil Paling Rentan

Warga mendinginkan tubuh di sungai ketika suhu mencapai 40 derajat celcius di Islamabad, Pakistan, Rabu (27/5/2020). Foto: AP/Anjum Naveed
Warga mendinginkan tubuh di sungai ketika suhu mencapai 40 derajat celcius di Islamabad, Pakistan, Rabu (27/5/2020). Foto: AP/Anjum Naveed

“Kami sangat mengkhawatirkan bayi, balita, anak kurang gizi, dan ibu hamil karena mereka paling rentan terhadap sengatan panas dan dampak serius lainnya,” tambah Wijesekera.

Di beberapa bagian provinsi Sindh selatan Pakistan, termasuk Jacobabad, kota terpanas di dunia pada 2022, suhu mencapai 40-an derajat Celsius pada Juni. Panas terik terjadi kurang dari satu tahun setelah banjir dahsyat yang menyebabkan sebagian besar Sindh selatan terendam air pada Agustus 2022.

BACA JUGA: Ekstrem! Kota di China Dilanda Suhu Panas 52 Derajat Celsius

.

Bahkan di musim hujan, panas bisa memperparah keadaan anak-anak. Karena anak-anak tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan suhu, mereka tidak dapat menghilangkan kelebihan panas dari tubuh mereka.

Hal ini dapat menyebabkan gejala dan penyakit seperti suhu tubuh yang lebih tinggi, detak jantung yang cepat, kram, sakit kepala parah, kebingungan, kegagalan organ, dehidrasi, pingsan dan koma, pada anak kecil; perkembangan mental yang buruk pada bayi; dan kemunduran perkembangan seperti disfungsi neurologis, dan penyakit kardiovaskular.

Kontraksi dini, hipertensi, kejang, tekanan darah tinggi, kelahiran prematur dan lahir mati merupakan risiko bagi ibu hamil, yang sangat rentan terhadap panas.

Untuk anak kecil, kompres es, dan kipas angin embun dapat membantu menurunkan suhu tubuh mereka. Sedangkan perendaman air dingin dapat membantu anak yang lebih besar.

BACA JUGA:

Mengenal K-Beauty, Tren Perawatan Kulit Wajah dari Korea Selatan

Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Menguak Misteri Crop Circle, Benarkah Bikinan Alien?

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

Kisah Nabi Musa AS Menampar Malaikat yang Ingin Mencabut Nyawanya

× Image