Home > News

Makna 10 Peribahasa Orang Betawi, dari 'Ente Jual Ane Beli' Hingga 'Anget-Anget Tai Ayam'

Peribahasa ini menyatakan masyarakat Betawi tidak suka berseteru.
Ilustrasi masyarakat Betawi. Foto: Republika/Prayogi
Ilustrasi masyarakat Betawi. Foto: Republika/Prayogi

MAGENTA -- Peribahasa adalah ungkapan atau kalimat ringkas padat, berisi perbandingan, perumpamaan, nasihat, prinsip hidup atau aturan tingkah laku.

Menurut Abdul Chaer dalam bukunya berjudul Folklor Betawi: Kebudayaan & Kehidupan Orang Betawi, ada banyak peribahasa dari betawi (peribahasa kate) yang sering digunakan sehari-hari, yakni sebagai berikut.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Subuh 2 Rakaat Lengkap dengan Tata Cara dan Doa Qunut

.

1. Ente jual ane beli

Peribahasa ini menyatakan orang atau masyarakat Betawi tidak suka berseteru atau berkelahi. Namun, jika ada orang yang mengusik dan menantang berkelahi tentu akan dilayani, tidak akan ditinggal pergi.

2. Lagak sebakul ditanding kagak sepiring

Peribahasa ini diucapkan untuk memberi nasihat kepada seseorang yang banyak lagaknya, banyak cakapnya, tetapi kemampuannya hanya sedikit.

Peribahasa lain yang semakna adalah "lagak sepelampang disuguhin kagak sepiring" atau "lagak sepetak dipotong kagak sepengki (lagak sepetak, dipanen tidak sepengki)".

3. Aer laut siapa yang asinin?

Peribahasa ini ditujukan kepada seseorang yang suka memuji diri sendiri, dengan maksud menyindir dan mengingatkan bahwa memuji diri sendiri adalah hal yang kurang baik. Jadi, harus dihentikan.

4. Anget-anget tai ayam

Peribahasa ini digunakan untuk orang atau sekelompok orang yang pada awalnya saja mengerjakan sesuatu; tetapi kemudian tidak lagi mengerjakannya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Peribahasa orang Betawi...

× Image