Home > History

Tahun Baru Islam 1 Muharram, Hijrah Nabi Muhammad, dan Munculnya Kalender Hijriyah

Asal-usul kalender Hijriyah dimulai pada era kepemimpinan Umar bin Khattab.
Warga melakukan pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. Tahun Baru Islam 1 Muharram, Hijrah Nabi Muhammad, dan Munculnya Kalender Hijriyah. Foto: Dok. Republika
Warga melakukan pawai obor menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram. Tahun Baru Islam 1 Muharram, Hijrah Nabi Muhammad, dan Munculnya Kalender Hijriyah. Foto: Dok. Republika

MAGENTA -- Tahun baru Hijriyah merupakan penetapan awal tahun baru Islam. Hari pertama tahun baru pada penanggalan Hijriyah dimulai tiap 1 Muharam. Tahun baru Hijriyah atau Tahun Baru Islam pada tahun ini (1445 H) jatuh pada Rabu,19 Juli 2023.

Bagi umat Islam, tahun baru Hijriyah merupakan suatu hari yang penting karena ada peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah pada 622 Masehi. Hijrahnya Nabi Muhammad ditetapkan sebagai hari pertama penanggalan Hijriyah, yakni 1 Muharram 1 Hijriyah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

.

Ada perbedaan antara kalender Hijriyah dengan kalender Masehi. Kalender Hijriyah menggunakan perhitungan orbit bulan pada bumi, karenanya disebut dengan kalender lunar. Sedangkan kalender Masehi menggunakan perhitungan pergerakan matahari, karenanya disebut dengan kalender solar.

Namun demikian, keduanya memiliki jumlah bulan yang sama, yaitu 12. Jika tahun Masehi dimulai pada Januari dan berakhir pada Desember, maka tahun Hijriyah dimulai pada Muharram dan diakhiri Dzulhijjah.

Nama-nama bulan di kalender masehi adalah Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember. Sementara, nama bulan di kalender Hijriyah sebagai berikut: Muharram, Shafar, Rabi’ul Awal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Zulqaidah, dan Dzulhijjah.

Satu tahun dalam kalender Hijriyah panjangnya 354 atau 355 hari tahun kabisat dengan nama-nama hari; al-Ahad (minggu), al-Itsnayn (Senin), ats-Tsalaatsa' (Selasa), al-Arba'aa' (Rabu), al-Khamiis (Kamis), al-Jum'aat (Jumat), dan as-Sat (Sabtu).

BACA JUGA: Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram

Kalender Hijriyah dimulai pada masa Umar bin Khattab...

× Image