Home > Gaya Hidup

Tidak Pede karena Bau Badan? Coba Hilangkan dengan Ramuan Tanaman Ini

Bau badan dapat mengganggu kualitas hidup dan rasa percaya diri.

Ramuan Tanaman yang Bisa Menghilangkan Bau Badan

Ilustrasi bau badan. Tidak Pede karena Bau Badan? Coba Hilangkan dengan Ramuan Tanaman Ini. Foto: Mgrol101
Ilustrasi bau badan. Tidak Pede karena Bau Badan? Coba Hilangkan dengan Ramuan Tanaman Ini. Foto: Mgrol101

1. Daun sirih

Daun sirih yang dikenal berkhasiat sebagai antiseptik juga mengandung zat-zat aktif yang mampu menghilangkan bau badan. Kandungan kimia minyak asiri dalam daun sirih antara lain kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol dan zat samak.

BACA JUGA: 1 Muharram 2023, Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah Tanggal Berapa?

.

Berkumurlah dengan dua gelas air rebusan dari 5-7 lembar daun sirih yang dibubuhi satu sendok teh garam dalam air panas. Setelah dingin, airnya diminum.

Bisa juga ditambahkan gula putih secukupnya untuk menambah rasa. Cara lainnya adalah dengan menghaluskan daun sirih dengan kapur lalu dioleskan pada ketiak.

2. Daun beluntas

Meski daun beluntas berbau langu dan getir rasanya. Namun, daun dengan nama latin Pluchea indica ini mengandung alkali yang bertindak sebagai antiseptik.

Kandungan kimia yang terdapat di daun beluntas antara lain amino (leusin, isoleusin, triptofan, treonin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C. Untuk menghilangkan bau badan, daun beluntas biasa dilalap mentah atau dikukus terlebih dulu. Daun beluntas yang telah direbus juga lezat disantap sebagai urap (sayuran dengan kelapa parut yang dibumbui).

3. Temulawak

Rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung sapomin, flavoinolda, dan minyak asiri untuk menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan, minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus.

Bisa juga minum air perasan temulawak yang sudah diparut dengan tambahan sedikit madu. Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan dan didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

BACA JUGA:

Ramuan tanaman lain untuk menghilangkan bau badan...

× Image