Home > History

Idul Adha 2023 Dirayakan Berbeda, Ingat Petuah Bijak Buya Hamka Ini

Pemerintah memutuskan Idul Adha pada 29 Juni 2023, sedangkan Muhammadiyah pada 28 Juni 2023.

Perbedaan Perayaan Hari Raya Beberapa Kali Terjadi

Penjaga memeriksa kondisi domba yang dijual untuk kurban di Panitia Pengadaan Hewan Qurban (PPHQ) Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) di Kotagede, Yogyakarta, Rabu (21/6/2023). Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Penjaga memeriksa kondisi domba yang dijual untuk kurban di Panitia Pengadaan Hewan Qurban (PPHQ) Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) di Kotagede, Yogyakarta, Rabu (21/6/2023). Foto: Republika/Wihdan Hidayat

Soal perbedaan penetapan tanggal perayaan hari besar umat Islam tidak kali ini saja terjadi. Sebelumnya, pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023. Sedangkan Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada Jumat, 21 April 2023.

Pada 1975, juga terjadi perbedaan penentuan tanggal Idul Adha di Indonesia dengan Arab Saudi. Ceritanya begini, suatu hari di tahun 1975, Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka) pernah ditanya soal perbedaan waktu Idul Adha di Indonesia dengan negara Arab Saudi.

BACA JUGA: Daftar Lokasi Sholat Idul Adha Muhammadiyah 28 Juni 2023 di Banten

.

Gegaranya waktu itu, Departemen Agama memutuskan Hari Raya Idul Adha 1395 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 13 Desember 1975. Tiba-tiba, Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta menyiarkan Idul Adha jatuh pada Jumat, 12 Desember 1975.

Perbedaan itu mengakibatkan terjadi dua kubu di masyarakat. Ada golongan yang menganjurkan agar Sholat Idul Adha dilaksanakan pada Jumat sebab sudah wukuf pada Kamis. Ada yang berkeras mempertahankan keputusan semula, yaitu sholat Hari Raya Haji pada Sabtu, 13 Desember 1975, sesuai keputusan departemen agama setelah mendengar pertimbangan pimpinan majelis ulama dan ahli-ahli hisab dan rukyah.

Dalam buku 1001 Soal Kehidupan yang ditulisnya, Hamka mengawali jawaban dengan mengatakan jika Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha di seluruh dunia sama adalah satu hal yang baik sekali. Apalagi pada zaman sekarang dengan adanya alat-alat telekomunikasi yang cepat dapat menyampaikan berita di seluruh dunia.

Hal yang seperti itu mungkin bisa dicapai. Itulah sebabnya, jumhur ulama memandang persatuan umat dalam mengerjakan ibadah puasa dan hari raya adalah sangat dituntut.

BACA JUGA: Daftar Lokasi Sholat Idul Adha Muhammadiyah 28 Juni 2023 di Kota Palopo

Agama itu mudah...

× Image