Home > Khazanah

Apa Hukumnya tidak Sholat Jumat karena Hujan Lebat?

Semua fuqaha sepakat bahwa hukum sholat Jumat adalah fardhu ain.

Uzur Lain yang Membolehkan tidak Sholat Jumat

Jamah mendengarkan khutbah saat ibadah Sholat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (11/3/2022). Foto: Republika/Abdan Syakura
Jamah mendengarkan khutbah saat ibadah Sholat Jumat di Masjid Raya Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (11/3/2022). Foto: Republika/Abdan Syakura

4. Mengkhawatirkan keselamatan dirinya

Misalnya berlindung dari kejaran penguasa yang zalim yang akan membunuhnya bukan secara haq, atau panik menyelamatkan diri karena adanya bencana alam. Allah SWT berfirman yang maknanya: Dan janganlah kalian menjatuhkan diri kalian sendiri pada kebinasaan (al-Baqarah: 195).

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

.

.

5. Sedang ditugasi untuk menjaga pengoperasian alat-alat berharga.

Seseorang petugas di suatu perusahaan yang memiliki peralatan berharga, yang jika ditinggal untuk mendatangi masjid pada saat itu bisa menyebabkan hilang atau rusaknya peralatan yang diamanahkan padanya, maka dia boleh tidak Jumatan.

Demikian pula seseorang yang jam kerjanya bertepatan dengan sholat Jumat, sedangkan pekerjaan tersebut adalah pekerjaan penting yang memberikan maslahat bagi kaum muslimin atau suatu pekerjaan tak tergantikan yang jika ditinggal saat itu bisa menimbulkan kerugian besar hilang.

Meski demikian, uzur itu bukanlah untuk membatalkan kewajiban sholat zhuhur yang bisa dikerjakan di rumah atau di tempat kerjanya. Tetap wajib melaksanakan sholat zhuhur. Wallahu a'lam.

BACA JUGA:

Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

Pengertian Wukuf dalam Ibadah Haji dan Waktu Pelaksanaannya

Bacaan Lengkap Doa Qunut yang Biasa Dibaca Saat Sholat Subuh

Khasiat Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Jerawat, Bau Badan, dan Mengobati Amandel

Kamu Perlu Tahu, Istilah dalam Dunia Lari

× Image