Home > Gaya Hidup

Cara Meracik Seledri untuk Obat Hipertensi, Anemia, dan Mencegah Kerutan Kulit Wajah

Seledri kaya akan vitamin, terutama vitamin A.
Sayuran seledri. Foto: Dok. Republika
Sayuran seledri. Foto: Dok. Republika

MAGENTA -- Seledri merupakan jenis sayuran berdaun hijau yang memiliki segudang manfaat. Selain digunakan sebagai penyedap makanan, seledri yang memiliki nama ilmiah Apium graveolens juga bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Seledri pertama kali dikenalkan di Indonesia oleh bangsa Belanda pada masa penjajahannya. Waktu itu daun seledri kerap digunakan sebagai penyedap sup atau daunnya dimakan sebagai lalapan.

BACA JUGA: Akar Pepaya Bisa Mengobati Gigitan Ular Berbisa dan Rematik, Ini Cara Membuatnya

.

.

Menurut buku Toga: Tanaman Obat Keluarga yang ditulis oleh Fitri Gendrowati, seledri kaya akan vitamin, terutama vitamin A, juga mengandung zat-zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi, kalium, kalsium, dan mineral.

Kandungan vitamin pada seledri akan tetap utuh 80 persen meski telah dimasak, berbeda dengan sayuran lain yang nyaris kehilangan kandungan vitamin begitu dimasak.

Seledri juga sangat baik dikonsumsi oleh seorang yang beraktivitas padat, termasuk pegiat olahraga karena nutrisi pada seledri mampu menggantikan cairan elektrolit tubuh yang hilang selama beraktivitas.

BACA JUGA: Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

Cara meracik seledri sebagai obat...

× Image