Home > History

Mengenal Sabeni, Jawara Betawi dari Tanah Abang

Jurus silat Sabeni adalah Kelabang Nyebrang dan Merak Ngigel.
Jalan H. Sabeni di Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mengenal Sabeni, Jawara Betawi dari Tanah Abang. Foto: Repro Ensiklopedia Jakarta.
Jalan H. Sabeni di Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mengenal Sabeni, Jawara Betawi dari Tanah Abang. Foto: Repro Ensiklopedia Jakarta.

MAGENTA -- Sabeni. Namanya diabadikan menjadi nama jalan di daerah Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sabeni adalah pendekar legendaris dari Tanah Abang. Ia lahir di Kebon Pala, Tanah Abang pada 1860 dari pasangan Hannam dan Piyah.

Nama Sabeni mulai berkibar dan disegani di dunia persilatan setelah ia mengalahkan seorang jawara dari daerah Kemayoran. Duel terjadi dengan jagoan Kemayoran saat Sabeni hendak melamar putri sang Macan Kemayoran untuk dijadikan istrinya.

Dikutip dari Ensiklopedia Jakarta 2009, Sabeni juga pernah membuat malu seorang jago kuntau dari Cina yang sengaja didatangkan pejabat Belanda bernama Tuan Danu. Waktu itu, Tuan Danu disuruh Belanda untuk menaklukkan Sabeni yang lagi giat-giatnya mengajar silat menurunkan ilmunya kepada pemuda Betawi. Sabeni berhasil mengalahkan dengan telak jagoan dari China itu saat duel di Princen Park (Lokasari).

.

.

"Bahkan dalam usianya yang tergolong lanjut, 83 tahun, Sabeni masih sanggup mengalahkan jago-jago bela diri Yudo dan Karate yang sengaja didatangkan penjajah Jepang untuk bertarung melawannya di Kebon Sirih Park (sekarang Gedung DKI)," tulis Ensiklopedia Jakarta 2009.

Tak Kenal Lelah Menurunkan Ilmu Silat

Sampai usianya menginjak 84 tahun, Sabeni masih mengajar main pukulan. la mengajar hampir ke seluruh pelosok penjuru Jakarta.

BACA JUGA: Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

× Image