Home > History

On This Day: 15 April 1912, Titanic Karam Setelah Tabrak Gunung Es, 1.500 Orang Tewas

Titanic patah menjadi dua bagian.
Kapal Titanic. On This Day: 15 April 1912, Titanic Karam Setelah Tabrak Gunung Es, 1.500 Orang Tewas. Sumber: RMSTitanic
Kapal Titanic. On This Day: 15 April 1912, Titanic Karam Setelah Tabrak Gunung Es, 1.500 Orang Tewas. Sumber: RMSTitanic

MAGENTA -- Hari ini 111 tahun lalu kapal laut Inggris RMS Titanic tenggelam di Samudera Atlantik Utara. Kapal pesiar terbesar pada zamannya itu menyerah oleh ganasnya lautan pada 15 April 1912 pukul 02.20 waktu setempat.

Titanic tidak mampu bertahan untuk tetap mengapung setelah menabrak gunung es berukuran raksasa pada tengah malam 14 April 1912. Titanic patah menjadi dua bagian. Titanic karam di dasar laut sekitar 644 kilometer di selatan Newfoundland, Kanada.

Dinukil dari History, Titanic dirancang oleh seorang pembuat kapal Irlandia bernama William Pirrie dan dibangun di Belfast. Panjang Titanic sekitar 254 meter dari buritan ke busur.

.

.

Lambungnya dibagi menjadi 16 kompartemen dan kapal ini didesain kedap air. Saat pelayaran perdana sekaligus terakhirnya, Titanic mengangkut 2.200 penumpang dan awak. Sebanyak 1.500 orang meninggal dan 700 orang lainnya selamat dalam kecelakaan Titanic.

Kapal Titanic diciptakan untuk kesenangan kaum sultan saat itu. Kaum mendang-mending harap nabung dulu jika ingin pelesiran naik Titanic. Kapal megah itu memulai pelayaran perdananya dari Southampton, Inggris, menuju New York, Amerika Serikat.

Banyak orang tajir yang rebutan ingin ikut berlayar naik Titanic. Nama mereka ingin tercatat dalam sejarah sebagai penumpang pertama di Titanic. Sebut saja John Jacob Astor, ia adalah satu orang terkaya dunia saat itu. Ada juga pengusaha tajir Benjamin Guggenheim yang juga ikut berlayar.

BACA JUGA: Sejarah Panjang Jalan Tol di Indonesia, dari Jagorawi Hingga Tol Bima

× Image