Home > History

On This Day: 15 April 1912, Titanic Karam Setelah Tabrak Gunung Es, 1.500 Orang Tewas

Titanic patah menjadi dua bagian.

Harga Tiket Titanic Setara Rp 1,4 Miliar

Tangga besar di dalam kapal megah Titanic dibuat ulang di pameran.Foto: ABC
Tangga besar di dalam kapal megah Titanic dibuat ulang di pameran.Foto: ABC

Menurut laporan Cheat Sheet, perusahaan perkapalan White Star Line mengeluarkan dana 7,5 juta dolar AS (180 juta dolar AS pada 2018) atau setara Rp 2,5 triliun untuk membangun kapal Titanic. Untuk harga tiket kelas pertama dijual 4.350 dolar AS atau setara 100 ribu dolar AS (Rp 1,4 miliar) saat ini.

Tiket yang paling murah dihargai Rp 1,9 juta. Penumpang terkaya di Titanic adalah Jacob Astor IV, hartanya sekitar 85 juta dolar AS.

Kecelakaan pelayaran itu membuat masyarakat dunia terkejut dan marah. Bagaimana tidak, kapal mahal seberat 52.310 ton itu tidak dilengkapi sekoci dan alat kelengkapan penyelamatan lainnya yang memadai.

.

.

Pada 1913 digelar Konvensi Internasional pertama untuk Keselamatan Kehidupan di Laut. Konvensi membuat aturan setiap kapal wajib memiliki ruang sekoci untuk setiap orang di dalamnya dan latihan menggunakan sekoci penyelamatan diadakan. Selain itu, diwajibkan agar kapal memelihara arloji radio 24 jam

Pada 1 September 1985, Titanic ditemukan oleh ekspedisi gabungan AS-Prancis di dasar laut pada kedalaman 13 ribu kaki atau sekitar empat kilometer di Samudra Atlantik bagian utara. Pada 1997, sutradara James Cameron memfilmkan kisah tenggelamnya kapal Titanic. Film tersebut menjadi salah satu film paling sukses dalam sejarah dengan perolehan 11 Oscar. (MHD)

.

BACA JUGA:

Celine Dion Comeback dengan "Love Again" Setelah Didiagnosa Gangguan Saraf

Kisah Soedirman: Guru SD yang Jadi Panglima Besar Tentara Keamanan Rakyat

8 Pendapat Ulama Soal Kapan Waktu Lailatul Qadar

Mudik 2023: Ini Tarif Tol Jakarta-Semarang, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Surabaya

Jamaah Reguler Bisa Lunasi Biaya Haji Mulai 11 April 2023, Ini Besaran per Provinsi

× Image