Home > Gaya Hidup

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

Orang Betawi percaya tiap penyakit pasti ada obatnya.

6. Kudis

Ini adalah jenis penyakit kulit berupa bentuk-bentuk kecil bernanah sebagai akibat dari darah kotor. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan daun sambiloto, daun delima, dan belerang.

Tumbuk halus ketiganya sambil diberi minyak kelapa. Lalu, panaskan hingga mendidih. Cara pakainya oleskan beberapa kali dalam sehari, dan kudis pun akan hilang.

Bawang putih juga bisa buat ngobatin Kudis. Caranya, tumbuk bawang putih sampai halus, kemudian beri minyak kelapa. Lalu panaskan hingga mendidih. Saat masih hangat oleskan ramuan tersebut ke bagian kudis.

Sejumlah pelajar membawakan Tari Betawi di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Sejumlah pelajar membawakan Tari Betawi di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (19/7/2022). Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

7. Keremian

Penyakit infeksi usus akibat cacing keremi ini bisa menyerang tubuh karena makanan yang disantap sudah kedaluwarsa atau sudah tercemar racun. Pengobatannya sangat mudah, yakni minum air kelapa hijau sebanyak-banyaknya.

Bisa juga menggunakan beberapa kunyit yang sudah diparut dan diperas. Kunyit yang sudah diperas ditambahi kuning telur ayam kampung, lalu aduk hingga rata. Dan minum sekaligus habis.

Sejatinya, masih banyak lagi penyakit yang bisa diobati dengan ramuan dari tumbuh-tumbuhan yang dibuat oleh orang Betawi. Ambil misal; sakit kepala, sariawan, kencing manis, luka, batuk, asma atau bengek, sakit mata, panas badan, tersiram air panas, cacingan, masuk angin, flu, bau keringat, jerawat, dan sakit perut.

Terakhir, ternyata orang Betawi tidak hanya menjadi tukang insinyur saja, jago silat, pandai mengaji, dan rajin sembahyang. Tapi, jago juga meracik tumbuh-tumbuhan yang berlimpah di bumi Indonesia menjadi obat herbal. (MHD)

Baca juga:

Bacaan Doa Hari Ketiga Ramadhan

Sukarno tak Puasa Ramadhan Saat Bacakan Teks Proklamasi, Apa Sebab?

Bukan Hanya Allahumma Laka Shumtu, Ini 7 Pilihan Doa Berbuka Puasa

Pernah Dikenal Sebagai Makanan Budak, Buah Sukun Ternyata Disukai Orang Eropa

Niat Puasa Ramadhan, Arab, Latin dan Terjemahan

Hanya Ada Tiga Jenderal Bintang Lima di Indonesia, Siapa Saja?

× Image