Home > Gaya Hidup

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

Orang Betawi percaya tiap penyakit pasti ada obatnya.

Berikut ini beberapa penyakit dan pengobatan secara tradisional Betawi.

1. Sakit gigi

Obatnya daun sereh, akar sereh, dan kunyit. Cara membuatnya campur bahan tersebut dengan garam dapur, lalu rebus dengan setengah liter air, biarkan airnya tinggal setengah.

Minum tiga kali sehari. Bisa juga menggunakan segenggam cengkih yang sudah yang sudah disangrai dan ditumbuk halus, kemudian taburkan pada gigi yang sakit.

Selain itu, getah kulit jarak juga bisa diteteskan pada gigi yang berlubang. Kalau sulit menemukan pohon jarak, bisa pakai getah kamboja yang diteteskan pada kapas, lalu dimasukkan pada gigi yang berlubang. Jika pakai getah kamboja jangan sampai kena gigi yang sehat sebab gigi bisa jadi rapuh.

2. Menceret atau diare

Biasanya kalau ada orang Betawi yang menceret atau diare obatnya daun jambu batu muda. Caranya, daun dicuci bersih, lalu dikunyah-kunyah.

Bisa juga direbus dulu, lalu diminum airnya. Teh yang biasa diminum sehari-hari bisa juga ngobatin menceret. Ambil seperempat gelas teh dan seduh dengan air panas hingga kental sampai pahitnya terasa, kemudian minum tiga kali sehari.

Sejumlah seniman menampilkan kesenian Ondel-ondel dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-495 Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta, Ahad (19/6/2022). Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah seniman menampilkan kesenian Ondel-ondel dalam memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-495 Jakarta di kawasan Kota Tua, Jakarta, Ahad (19/6/2022). Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra

3. Borok

Penyakit ini disebabkan oleh penyakit darah kotor, kurang kebersihan, dan kekurangan makanan bergizi tinggi. Obatnya bisa menggunakan tempurung kelapa yang dibakar di atas api, kemudian cairannya dioleskan pada borok.

Buah pinang juga bisa mengobati penyakit borok. Tumbuk sampai halus, taburkan pada borok.

Daun sambiloto, daun sirih, dan daun delima juga mujarab untuk mengobati borok. Caranya, ketiga daun tersebut ditumbuk halus menjadi satu. Kemudian beri minyak kelapa secukupnya, panaskan hingga mendidih, terus oleskan pada borok tersebut.

Baca juga: Sholat Witir: Cara Mengerjakan, Niat, dan Doa Lengkap dengan Artinya

× Image