Home > Gaya Hidup

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

Orang Betawi percaya tiap penyakit pasti ada obatnya.

4. Bisul

Bawang putih bisa mengobati bisul yang baru tumbuh. Tempelkan parutan bawang putih pada bisul, maka bisul akan menjadi kering dan sembuh.

Ramuan lainnya adalah daun kecubung dan daun sirih. Keduanya ditumbuk jadi satu, lalu beri sedikit garam dan air, setelah itu oleskan atau tempel pada bisul.

Ternyata daun bayam duri dan kangkung juga bisa mengobati bisul. Cuci keduanya hingga bersih, lalu tumbuk sampai halus dengan dicampur asam kawak serta sedikit garam, kemudian tempelkan di atas bisul dan sekitarnya. Bisul yang sudah pecah dicuci dengan air rebusan daun sirih dalam keadaan hangat.

Pedagang kerak telor memasak untuk pembelinya dalam Lebaran Tenabang 2022 di depan Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Pedagang kerak telor memasak untuk pembelinya dalam Lebaran Tenabang 2022 di depan Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Foto: ANTARA/Aprillio Akbar

5. Kutil

Kutil yang tumbuh di jari tangan dan kaki memang tidak menyakitkan. Tapi, kalau dibiarkan akan beranak pinak dan tidak enak dilihat. Obatnya, oleskan getah batang pepaya pada kutil. Lakukan beberapa kali, dan kutil akan copot dengan sendirinya.

Bisa juga pakai getah bacang, caranya sama dengan yang di atas. Sepotong daun lengkuas yang ditumbuk dengan kapur sirih juga bisa untuk ngobatin kutil, caranya tempelkan dikutil bahan yang sudah ditumbuk.

Baca juga: On This Day: Bandung Lautan Api, Menolak Tunduk pada Penjajah

× Image