Home > News

Ramai Meme 90 Tambah 6 Sama dengan 99, Salahnya di Mana?

Indonesia seharusnya menang 2-1 atas Bahrain jika laga berakhir di menit ke-96.
Meme 90+6 = 99. Foto: Twitter
Meme 90+6 = 99. Foto: Twitter

MAGENTA -- Tetiba jagat maya Indonesia diramaikan oleh meme 90+6 = 99. Lalu, salahnya di mana dengan meme itu? Salahnya ada pada hasil jumlah pertambahan. Harusnya 96 hasilnya, bukan 99.

Seandainya wasit Ahmed Al Kaf mau sedikit pintar ilmu matematika, tentunya ia akan meniup peluit panjang untuk menyudahi laga Bahrain vs Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada menit ke-96.

Ini rupanya yang membuat netizen Indonesia kesal dan marah dengan wasit asal Oman tersebut, hingga lahir meme 90+6 = 99. Banyak yang tertawa melihat meme tersebut. Sarkas!

Dan wajar juga, jika ada pecinta sepak bola tanah air marah hingga menuangkan kemarahannya di media sosial dengan sumpah serapah. Sebab, Indonesia seharusnya menang 2-1 atas Bahrain jika laga berakhir di menit ke-96, bukan berakhir di menit ke-100.

Gegara pengadil lapangan berkepala plontos itu menambahkan waktu 4 menit di masa injury time, Bahrain mampu menahan imbang Indonesia dengan skor 2-2 pada pertandingan yang dimainkan di Bharain National Stadium, Kamis (10/10/2024) malam. Gol penyama skor diciptakan pemain Bahrain di menit ke-99.

Yang menjadi pertanyaan bolehkah wasit pemimpin pertadingan menambahkan waktu lagi di masa injury time? Ternyata diperbolehkan. Aturan tersebut tertuang di The Duration of the Match IFAB. IFAB mengatur bahwa injury time sebagai kompensasi yang diberikan oleh wasit untuk waktu yang hilang pada dua babak pertandingan.

Kemudian dalam penerapannya, wasit dimungkinkan untuk meningkatkan atau menambah durasi injury time, tetapi tidak bisa mengurangi. Meski diperbolehkan, tapi tambahan waktu di masa injury time laga Bahrain vs Indonesia hingga 4 menit terlalu lama, karena tidak ada insiden yang dianggap membuang-buang waktu di enam menit terakhir (injury time) pertandingan.

× Image