Home > Gaya Hidup

Dukung Net Zero Emission, Mahasiswa UGM Bikin Semen dari Limbah Cangkang Kerang

Berawal dari keresahan akan fakta bangunan menjadi penghasil sekitar 37 persen emisi karbon.
Semen Innocem terbuat dari cangkang kerang karya mahasiswa UGM. Foto: UGM
Semen Innocem terbuat dari cangkang kerang karya mahasiswa UGM. Foto: UGM

MAGENTA -- Empat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil memanfaatkan limbah cangkang kerang menjadi semen ramah lingkungan. Produk semen tersebut diberi nama Innocem (Innovatively Efficient Instant Cement).

Mereka adalah Vidhyazputri Belva Aqila mahasiswa Program Sarjana Studi Akuntansi angkatan 2023, Abla Salsabila (Teknik Sipil 2022), Aurellia Zaitun Candraningrum (Teknik Sipil 2022), dan Maureen Arsa Sanda Cantika (Sistem Informasi Geografis 2022).

Vidhyazputri menjelaskan pengembangan produk Innocem berawal dari keresahan mereka akan fakta bangunan menjadi penghasil sekitar 37% emisi karbon. Hal tersebut diakibatkan pembangunannya berasal dari produk semen yang terbuat dari batu gamping dengan proses pengelolaannya melewati tahapan yang tidak ramah lingkungan.

“Saat ini juga sedang gencar gerakan net zero emission dan kami berharap melalui inovasi pengembangan produk ini bisa mendukung gerakan tersebut,” tuturnya, Jumat (11/10/2024) dikutip dari ugm.ac.id.

Vidhyazputri berharap pengembangan produk Innocem dapat mendukung terwujudnya konstruksi hijau berkelanjutan di Indonesia. Selain itu juga dapat membantu dalam mengatasi persoalan lingkungan dengan mengolah limbah cangkang kerang yang belum dimanfaatkan secara optimal.

× Image