Home > Gaya Hidup

Menguak Misteri Crop Circle, Benarkah Bikinan Alien?

Crop circle menimbulkan kebingungan, kegembiraan dan intrik di kalangan pers dan publik.

Si Misterius Julia Set

Fenomena crop circle tampak di tengah sawah di Desa Rejosari, Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Foto: Antara
Fenomena crop circle tampak di tengah sawah di Desa Rejosari, Jogotirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Foto: Antara

Seakan menambah nuansa misterius, Julia Set diklaim muncul dalam waktu kurang dari satu jam dan pada siang hari. Lingkaran tersebut menjadi salah satu crop circle paling terkenal dan penting dalam sejarah.

Menurut National Geographic, penggemar crop circle telah memunculkan banyak teori tentang apa yang menciptakan pola, mulai dari yang masuk akal hingga yang tidak masuk akal. Salah satu penjelasan yang populer di awal 1980-an adalah pola lingkaran misterius secara tidak sengaja dihasilkan oleh aktivitas seksual yang sangat kuat dari landak.

BACA JUGA: Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur, Arab, Latin Beserta Artinya

.

.

Beberapa orang berpendapat lingkaran entah bagaimana diciptakan oleh pola angin yang terlokalisasi dan tepat, atau oleh medan energi dan meridian bumi yang tidak terdeteksi secara ilmiah yang disebut garis ley, menurut Kent Heberling. Lainnya, seperti ahli biologi molekuler Horace Drew, menunjukkan jawabannya terletak pada perjalanan waktu atau kehidupan asing.

Menurut The New Zealand Herald, dia berteori pola dapat dibuat oleh manusia penjelajah waktu dari masa depan untuk membantu mereka menavigasi planet kita. Meskipun ada banyak teori, satu-satunya penyebab crop circle yang diketahui dan terbukti adalah buatan manusia.

Asal usul mereka tetap menjadi misteri sampai September 1991, ketika dua orang mengaku mereka telah menciptakan pola crop circle selama beberapa dekade. Alasannya, sebagai lelucon (prank) untuk membuat orang berpikir UFO telah mendarat.

Menurut Australian Geographic, mereka terinspirasi oleh laporan UFO di Tully 1966. Mereka tidak pernah mengklaim membuat semua lingkaran karena banyak juga yang melakukan prank tersebut. Sementara sebagian besar crop circle sekarang dikaitkan dengan hoaks, peneliti masih mencari crop circle asli yang tidak dapat dijelaskan.

BACA JUGA:

Niat dan Doa Sholat Dhuha Arab, Latin dan Artinya

Resep Herbal Prof Hembing: Mengatasi Gangguan Prostat dengan Semangka dan Tomat

Orang Betawi Sakit Obatnya Cuma Dedaunan: Resep Ramuan Tradisional, dari Borok Hingga Keremian

× Image