Home > News

Tim KKN UNY Ajak Warga Manfaatkan Limbah Jelantah Jadi Sabun Eco-Friendly

Pelatihan ini dapat mengurangi pembuangan limbah minyak jelantah.


MAGENTA -- Tim KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumbertetes menggelar pelatihan pembuatan sabun ramah lingkungan (eco-friendly soap) menggunakan bahan dasar minyak jelantah sisa tak terpakai.

Pelatihan yang digelar di Balasi Dusun Sumbertetes, Patuk, Gunung Kidul ini mendapat antusiasme tinggi dari warga setempat, khususnya ibu-ibu yang merupakan perwakilan dari RT 19-24 Sumbertetes.

BACA JUGA: Istighfar Sholat Tahajud dengan Niat dan Doanya Lengkap

.

Pemanfaatan minyak jelantah sebagai sabun yang ramah lingkungan ini merupakan ide dari Muchammad Ikmal Abdillah dari S1 Prodi Kimia UNY, anggota Tim KKN UNY di dusun Sumbertetes.

Untuk memudahkan pemahaman para peserta, Ikmal memutarkan video praktikum pembuatan eco-friendly soap dari jelantah.

“Lumayan ngirit mbak, yang awalnya limbah, kami buang, ternyata bisa dimanfaatkan jadi sabun yang jelas itu pasti kami gunakan setiap hari,” kata Kepala Dukuh Sumbertetes Ifah dikutip dari uny.ac.id, Kamis (24/8/2023).

Ifa menambahkan kegiatan ini sangat bermanfaat dan diminati warga, dari mayoritas peserta yang diundang hadir lebih dari 80 perren mengikuti kegiatan tersebut.

Pada kegiatan itu warga didampingi oleh tim KKN UNY yang terplotting di daerah tersebut yaitu Nur Dwi Lestari (Ilmu Komunikasi), Abdul Kohar (Ilmu Keolahragaan), Revanica Alovia Aryantika (Matematika), Derra Risqi Nurulita (Matematika).

Kemudian, Ruchil Fitroh (Sastra Indonesia), Ulfia Lu’lu An Nuha (Matematika), Eka Dewi Pratiwi (Psikologi), Stephanie Renata (Sastra Inggris), dan Rahadian Abimanyu (Sastra Inggris).

Dengan adanya pelatihan tersebut Ikmal berharap pembuangan limbah minyak jelantah yang sia-sia dapat berkurang atau bahkan berubah menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan manfaat.

BACA JUGA:

Tinggi Antioksidan, Ini Segudang Khasiat Buah Manggis dan Kulitnya

Kisah Nabi Musa AS Menampar Malaikat yang Ingin Mencabut Nyawanya

Mengapa Valentino Rossi Dijuluki The Doctor?

Kisah Nabi Adam Minta Buah-buahan dari Surga Menjelang Kematiannya

Kisah Nabi Luth Tawarkan Tiga Putrinya Agar Tamunya tak Dimangsa Kaum Sodom

× Image