Home > Gaya Hidup

Siapa Pencipta Lagu 'Nothing Compares 2 U' yang Dinyanyikan Sinead O'Connor?

Berikut ini lirik dan video lagu Nothing Compares 2 U dari Sinead O Connor.
Penyanyi Irlandia Sinead O'Connor tampil di Akvarium Klub di Budapest, Hungaria, 9 Desember 2019. Foto: Marton Monus/MTI via AP, File
Penyanyi Irlandia Sinead O'Connor tampil di Akvarium Klub di Budapest, Hungaria, 9 Desember 2019. Foto: Marton Monus/MTI via AP, File

MAGENTA -- Di tangan Sinead O'Connor, lagu "Nothing Compares 2 U" menjadi sebuah karya ikonik. Lagu ini secara sempurna menceritakan realitas yang datang akibat sakit hati.

Dengan suaranya yang khas, O'Connor menyanyikan ulang lagu (cover) ini hingga terasa menusuk di relung kalbu. Tidak diragukan lagi, lagu ini melambungkan nama Sinead O'Connor dalam jajaran musisi dunia.

BACA JUGA: Pesan Menyentuh Sinead O'Connor Jelang Wafatnya, Ungkap Perasaan tentang Putranya yang Bunuh Diri

.

Dilansir di American Songwriter, ikon pop Prince menulis lagu tersebut untuk band funk The Family di bawah labelnya Paisley Park Records. Lagu tersebut direkam pada 1985 dan dirilis dalam satu-satunya album mereka, The Family.

Banyak musisi yang kemudian menyanyikan ulang lagu ini, termasuk Aretha Franklin, The Chicks, Chris Cornell, John Pardi, dan Miley Cyrus sebagai mash-up dengan "Wrecking Ball."

BACA JUGA: Puasa Tasua Jatuh pada 27 Juli 2023, Ini Niat Puasa Tasua dan Asyura

Tapi tidak ada cover yang sebanding dengan Sinéad O'Connor's. Pembawaannya yang menghantui, balada yang kuat dari string yang merenung dan kunci yang menyentak air mata, meluncurkan lagu itu ke popularitas di seluruh dunia ketika dia merekam dan merilisnya pada 1990. Lagu itu muncul di album keduanya, I Do Not Want What I Haven't Got dan meroket di tangga lagu segera setelah terdengar di mana-mana.

Lahir di Glenageary, Irlandia pada 1966, O'Connor kemudian menjadi salah satu musisi paling terkenal di negara itu. Ia bergabung dengan jajaran U2, Enya, dan The Cranberries, yang semuanya mencapai ketenaran di seluruh dunia pada dekade 80-an dan 90-an.

O'Connor meninggal dalam usia 56 tahun pada Rabu, 26 Juli 2023. Sejauh ini, belum terungkap apa penyebab kematiannya.

BACA JUGA: Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Lirik lagu "Nothing Compares 2 U" dan video...

× Image